Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Peran Pemkab Kupang dan Dekranasda NTT Dalam Mengembangkan UMKM Pasca Pandemi

Avatar photo
Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dan Ketua Dekranasda NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat.
Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dan Ketua Dekranasda NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat.

Kupangberita.com —- Pasca terpaan virus Pandemi Covid-19, mulai berlalu, menjadi tantanggan terberat bagi Pemerintah Kabupaten Kupang dalam membangkitkan kembali pelaku – pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) yang sempat gulung tikar akibat hantaman virus Covid-19.

Usaha UMKM dijalankan secara individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM lazimnya dilakukan dengan batasan omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset, serta jumlah karyawan.

Peran UMKM di Kabupaten Kupang memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian. Ini karena sektor UMKM turut menyumbang PAD terbesar dan menyerap tenaga kerja.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Selasa ( 21/06/2022) melalui sambungan telepon mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Kupang lagi berupaya keras untuk memulihkan kembali pelaku – pelaku UMKM yang sempat guling tikar di masa pandemi.

Baca Juga:  Keluarga Tomboy Minta Pemkab Kupang Tunjukan Bukti Kepemilikan Atas Lahan Rumah Jabatan Bupati

Sementara ini Pemerintah Kabupaten Kupang lagi kerja sama dengan Yayasan Ume Daya Nusantara untuk menghidupkan kembali UMKM baik di sektor wisata, perikanan, peternakan dan juga di pertanian.

Lebih banyak di bidang pertanian kita lebih banyak dibantu oleh gubernur Lewat program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS), ini juga membatu UMKM dengan memberikan bibit, dan alat pertanian.

Kontribusi UMKM dalam mendukung PAD, Kata Jerry Manafe, bahwa dalam situasi pandemi covid-19, kemarin banyak UMKM yang kolaps.

“Memang kontribusi untuk PAD saya nilai selama ini dari UMKM cukup besar. Seperti di pasar – pasar, kios – kios dan warung itu banyak kontribusi untuk PAD kita,” katanya.

Baca Juga:  Tindak Lanjut Temuan BPK Sebesar 3 Miliar, Jaksa Periksa Sejumlah Pejabat Pemerintah Kabupaten Kupang

Dirinya juga juga mengakui bahwa sumber PAD terbesar Kabupaten Kupang itu dari galian C dan pengiriman ternak besar seperti sapi.

“Saat ini peran Pemerintah Kabupaten Kupang bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Darah ( Dekranasda) Propinsi NTT untuk memasarkan produk kain tenunan dan hasil produk olahan kuliner dari kabupaten Kupang.


Powered By NusaCloudHost