Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Mengulas Keberhasilan Program 5P Pemkab Kupang di Tahun Ke-4

Avatar photo
Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.
Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.

Kupangberita.com, Advetorial —–  Dimasa kepemimpinan Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe untuk masa bakti 2019 – 2024 memiliki  sebuah tagline yaitu, Program Revolusi 5P.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kupang yang tertuang di dalam RPJMD yakni, mewujudkan  kedaulatan ekonomi daerah berdasarkan prinsip ekonomi kerakyatan sekaligus memelihara nilai – nilai budaya  sebagai modal sosial ( Sosial Truts).

Lantas apa yang mendasari dicetuskan program 5P dan  sejauh mana keberhasilannya.

Bupati Kupang Korinus Masneno, Jumat (23/02) di temui media Kupang Berita.com, mengungkapkan Program Revolusi 5P ini merupakan hasil perenungan mendalam saya dan Wakil Bupati Jerry Manafe. Dengan dasar pemikiran membangun dari apa yang dimiliki masyarakat dan apa yang bisa dilakukan masyarakat.
Revolusi 5P meliputi, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Pariwisata.

“Kami jadikan program Revolusi 5P  sebagai lokomotif pembagunan seutuhnya di Kabupaten Kupang, karena sangat cocok dengan karakteristik kehidupan masyarakat kita.

Rerata kehidupan masyarakat kabupaten kupang bersandar hidupnya pada pertanian, peternakan, perkebunan, kelautan perikanan dan pada sektor pariwisata sebagai sentra lokomotif pembangunan dalam konteks ekonomi mikro, dapat memasarkan hasil pertanian, perkebunan peternakan dan perikanan,”ungkapnya.

Sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kupang, Kami berdua dan OPD terkait  banyak berbicara tentang nasib petani, peternak, tidak saja berbicara tapi bentuk aksi nyatanya memperjuangkan baik melalui APBN, APBD I dan II dan juga Aspirasi DPR RI berbagai alsintan pra dan pasca panen bagi petani serta ternak . Berbagai bantuan alsintan, ternak, sarana pendukung penangkapan ikan tersebut bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya rawan pangan di musim kemarau. Pemerintah Kabupaten Kupang dan DPRD berkolaborasi menghadirkan ratusan sumur bor di areal sentra pertanian seperti Kecamatan Kupang Tengah dan Kupang Timur.

Baca Juga:  Keren, Prosesi Jalan Salib Jemaat GMIT Fatusion Siki Kenakan Pakaian Adat Khas Timor

“Bentuk wujud nyata kehadiran pemerintah dan DPRD di tengah – tengah masyarakat, kini tak terdengar nyanyian suara nyaring masyarakat Kabupaten Kupang di terpa kelaparan, karena gagal tanam atau juga gagal panen.

Kini masyarakat di Kabupaten Kupang sudah dapat memasarkan berbagai hasil pertanian tak kenal musim kepada warga Kota Kupang bahkan hingga luar pulau Timor.

Bercermin pada salah satu komoditi pertanian adalah jagung mudah yang dijajakan di Oesao tanpa mengenal musim.

Bahkan untuk mensuplay jagung muda bagi warga Kota Kupang tidak kenal musim dan hingga kini juga tak terdengar warga Kota Kupang teriak kekurangan jagung muda,”kata Bupati Masneno.

Tentu lewat terobosan revolusi 5P di tahun ke 4. Pemerintah sudah banyak mengedukasi masyarakat Kabupaten Kupang untuk berpikir secara revolusioner dalam memenuhi tuntutan ekonomi rumah tangganya.

Mengulas Keberhasilan Program 5P

1. Bidang Pertanian, tidak ada masyarakat mengeluh kelaparan karena puluhan bantuan alsintan pra dan pasca panen bagi petani tersalurkan, sudah ratusan unit sumur bor tersalurkan dan dinikmati warga tani, bantuan bibit padi jagung unggul tersalurkan lewat dinas teknis, kelangkaan pupuk teratasi dengan dana kosering APBD, fasilitas pendukung irigasi, drainase dan perbaikan bendungan pasca seroja.

2. Bidang Peternakan, bantuan ternak kecil dan besar tersalurkan hingga pemanfaat, pada terpaan virus ASF di Kabupaten Kupang do awal 2023, Dinas Peternakan sebagai miniaturnya Bupati dan wakil Bupati Kupang, dapat memainkan perannya melalui pembagian disinfektan, serum dan pola edukasi (bio security) kepada peternak hingga menekan angka kematian babi hanya mencapai 90 ekor (sesuai data laporan).

3. Bidang Perikanan, puluhan bantuan alat tangkap ikan telah tersalurkan kepada nelayan mulai dari wilayah Kupang Barat, Semau,  Amarasi, Kupang Tengah dan Amfoang. Kini masyarakat tidak kesusahan alat tangkap. Bahkan hasil tangkapan mereka over lot pada pemasaran juga terjadi migrasi profesi pekerjaan yakni dari ojek ke nelayan.

Baca Juga:  Longsor di Kabupaten Bandung Barat : 10 Orang Hilang, Tiga Diantaranya Meninggal Dunia

4. Bidang Perkebunan, berhasilnya pengembangan kelapa genjah di wilayah Amabi Oefeto, konon kelapa genjah ini 3 tahun sudah berbuah, memiliki keunggulan antara lain kadar kemanisan air buah 6,25 % brix. Selain itu, aroma air dan daging buah muda berwangi pandan, rasa air dan daging buah bercita rasa pandan, pengembangan kopi di Amfoang Tengah, pengembangan vanili di Desa Letkole, pengembangan pasang cavendhis  di raknamo, kini sudah dikembangan hampir seluruh wilayah Kabupaten Kupang. kini pemerintah telah menyiadakan pemasaran produk perkebunan ini baik itu perusahaan yang ada di daerah maupun luar daerah.

5. Bidang Pariwisata, telah dikembangan wisata Pantai Teres yang kini menunggu peresmian. Pantai Teres sebagai surganya bumi Kabupaten Kupang.  Pantai Teres, Cantiknya Keindahan di balik bukit sungguh memikat hati.
Pantai Teres ke depan akan menjadi ikon wisata Kabupaten Kupang.

Program Revolusi 5P yang didengungkan oleh Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dan juga OPD terkait bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga rakyat Kabupaten Kupang.

Lebih lanjut Korinus Masneno mengajak semua pihak antaranya para tokoh agama, LSM, tokoh pemuda di tahun ke 4 ini untuk mendukung program revolusi 5 P demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Kupang, maju, mandiri dan sejahtera.

“Saya ajak para tokoh agama, LSM dan lainnya mendukung program pembangunan revolusi 5 P. Melalui momentum Revolusi 5 P ini mari kita berkerja bersama secara lebih maksimal demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah ini,” pesan Korinus Masneno.***


Powered By NusaCloudHost