Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kuat Dugaan Desa Afoan  Fiktifkan LKPJ Dana Desa

Avatar photo
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe Saat Lakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Amfoang Utara.
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe Saat Lakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Amfoang Utara.

Kupangberita.com – Kuat dugaan Desa Afoan, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang gunakan kuitansi fiktif dalam menyelasaiakan SPJ, LKPJ dana desa tahun 2020.

Hal ini terungkap dalam pertemuan yang dipimpin wakil  Bupati Kupang Jerry  Manafe Rabu (04/08/2021) di Aula Kantor Camat Amfoang Utara, hingga awal Agustus Desa Afoan belum masukan SPJ LKPJ penggunaan dana desa tahun 2020 serta merampungkan APBDes tahun 2021.

Kepala Desa Afoan Abret E. Talnoni dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa belum masukan SPJ dan APBDes karena saat lakukan konsultasi tim verifikasi Kecamatan  selalu mempersulit dirinya.

Baca Juga:  9 Jam Pol PP dan Bawaslu Bersihkan Semua APK di Jalan Timor Raya

Tim verifikasi Kecamatan Amfoang Utara  Nimrot Lelis  yang diberi kesempatan memberikan penjelasan mengatakan,  bahwa surat undangan dan jadwal konsultasi kami sudah sampaikan ke masing – masing Kepala Desa tetapi Kepala Desa Afoan dan bendaharanya tidak tepati waktu.

Tim verifikasi menemukan adanya kuitansi yang sangat  diragukan dan diduga fiktif, laporan perbaikan pun  tidak berdasarkan  catatan rekomendasi.  ”Kami tidak lakukan verifikasi administrasi saja, tetapi kami juga lakukan verifikasi lapangan’’, Ungkap Nimrot Lelis.

Nimrot Lelis mencontohkan, dana pembersihan lahan Enam Puluh Juta tandatangan satu orang, informasi dari masyarakat terima uang cuman sebesar  Tiga Ratus Ribu Rupiah, banyak kejanggalan dalam penerbitan SK perangkat desa dan guru Paud.

Baca Juga:  Ini Deretan Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu di Kabupaten Kupang

Pembangunan rumah tidak layak huni dalam APBDes 2020 lima unit tetapi realisasi cuman tiga unit, kegiatan  pagar kawat duri rencana  4.160 Meter realisasi 6.000 Meter tim verifikasi menolak karena penambahan volume sumber dana dari mana?


Powered By NusaCloudHost