Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

BMKG: Gerhana Matahari Total Pada Senin 8 April 2024, Ini Daftar Lokasi untuk Bisa Dilihat

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. BMKG: Gerhana Matahari Total Pada Senin 8 April 2024, Ini Daftar Lokasi untuk Bisa Dilihat.
Foto. BMKG: Gerhana Matahari Total Pada Senin 8 April 2024, Ini Daftar Lokasi untuk Bisa Dilihat.

KupangBerita.com, — Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada Senin 8 April 2024 mendatang. Fenomena ini akan menjadi peristiwa gerhana kedua setelah Gerhana Bulan Penumbra (GBP) pada 25 Maret lalu, sekaligus menjadi gerhana Matahari pertama di tahun 2024.

Dikutip dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari total adalah fenomena ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi.

Bayangan Bulan kemudian menutupi seluruh permukaan Matahari, yang seharusnya terlihat dari Bumi.

Baca Juga:  Drone Kamikaze Canggih Milik Rusia Yang Dapat Diluncurkan Dari Jet Tempur Su-57

Saat gerhana matahari total terjadi 8 April 2024, langit di sebagian wilayah Bumi akan gelap seperti saat fajar atau senja.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), secara keseluruhan terjadi sebanyak empat fenomena gerhana di sepanjang tahun 2024. Dua gerhana Bulan dan dua gerhana Matahari.

Setelah berlangsungnya Gerhana Bulan Penumbra pada 25 Maret 2024, dalam waktu dekat akan terjadi Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024.

Gerhana matahari total yang terjadi pada Senin 8 April 2024 hanya bisa disaksikan di Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada.

Baca Juga:  Drone Kamikaze Canggih Milik Rusia Yang Dapat Diluncurkan Dari Jet Tempur Su-57

BMKG menjelaskan masyarakat Indonesia tidak bisa melihat gerhana matahari total pada 8 April 2024, karena pada saat fenomena itu terjadi, wilayah indonesia sedang malam hari.


Powered By NusaCloudHost