Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bibit Siklon Tropis Dekati Selatan Pulau Jawa dan NTT, Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Bibit Siklon Tropis Dekati Selatan Pulau Jawa dan NTT Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang.
Foto. Bibit Siklon Tropis Dekati Selatan Pulau Jawa dan NTT Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang.

KupangBerita.com, — Akhir-akhir ini, hujan terus mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, hingga menyebabkan beberapa daerah mengalami musibah banjir yang cukup parah dan juga angin kencang.

Melihat kondisi tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam program update Prakiraan Cuaca Indonesia yang berlaku, Jumat (15/3/2024).

BMKG menyebutkan bibit siklon tropis 91s terpantau di Samudra Hindia bagian Selatan Jawa. Di mana sistem ini, menginduksi daerah peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level Jet) di Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga:  Tuntaskan Potensi: Membangun Masyarakat Inklusif dan Berkelanjutan melalui Pemberdayaan Perempuan di Kupang, NTT

Kemudian, terdapat bibit siklon tropis 94s di Australia bagian utara. Sistem ini membentuk daerah perlambatan Kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang dan menginduksi daerah peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25knot (low level jet), dari Samudra Hindia Selatan, Nusa Tenggara Timur hingga Australia Bagian utara.

Kondisi tersebut, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi atau low level jet tersebut.

Untuk prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia bagian utara secara umum didominasi dari arah Timur Laut.


Powered By NusaCloudHost