Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bibit Siklon Tropis 94s, Terpantau di Teluk Carpentaria, Waspadai Potensi Angin di Wilayah ini

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Bibit Siklon Tropis 94s, Terpantau di Teluk Carpentaria, Waspadai Potensi Angin di Wilayah ini.
Foto. Bibit Siklon Tropis 94s, Terpantau di Teluk Carpentaria, Waspadai Potensi Angin di Wilayah ini.

KupangBerita.com, — Update prakiraan cuaca Indonesia yang berlaku Minggu 17 Maret 2024, BMKG menjelaskan bibit siklon tropis 91s, saat ini terpantau di Samudra Hindia bagian Tenggara di Selatan Nusa Tenggara Barat.

Sementara bibit siklon tropis 94s, terpantau di Teluk Carpentaria kedua sistem ini, menginduksi peningkatan Kecepatan angin lebih dari 50 km/jam atau disebut Low Level Jet.

Potensi kecepatan angin ini disebutkan BMKG, dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Laut Jawa utara, Jawa Timur hingga laut Bali, Samudra Hindia Selatan, Jawa Timur, hingga Nusa Tenggara Timur, Papua bagian tengah dan Selatan serta Laut Arafuru.

Baca Juga:  Ketetapan Presiden: Guru dan Kepala Sekolah Akan Dapatkan ini di Bulan Juni 2024

Dampak ini mampu meningkatkan tinggi gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis tersebut. Selain itu, bibit siklon tropis ini juga membentuk daerah perlambatan Kecepatan angin atau konvergensi.

Dan pertemuan angin yang memanjang dari Samudra Hindia Barat Bengkulu hingga Jawa Tengah.

Selanjutnya Maden Julian oscillation atau MJO teridentifikasi aktif di maritim kontinen yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Selain itu, gelombang atmosfer Kelvin teridentifikasi aktif di Sulawesi Bagian Tengah dan Selatan, dan di wilayah Maluku.

Sementara gelombang rosby ekuator identifikasi aktif di wilayah Jawa bagian tengah dan timur Bali , Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga:  Jelang Pengadaan CPNS Tahun 2024, MenPAN RB Gelar Jumpa Pers Umumkan Jumlah Kebutuhan

Untuk prediksi angin permukaan wilayah Indonesia bagian utara masih didominasi angin yang bertiup dari arah Utara Timur Laut dan Wilayah selatan.

Angin didominasi bertiup dari arah Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km/jam.

Waspada potensi angin kencang di atas 50 km/jam di sebagian wilayah Jawa Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur Kepulauan Maluku Bagian Selatan, dan Papua Bagian Selatan.

Suhu udara umumnya berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban berkisar antara 55 hingga 100%.

Prakiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter.


Powered By NusaCloudHost