Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jambore Nasional Potensi SAR, Kantor Basarnas Kupang Libatkan 10 Personil

Avatar photo
Reporter : Dedy Editor: Redaktur
Foto. Jambore Nasional Potensi SAR, Kantor Basarnas Kupang Libatkan 10 Personil.
Foto. Jambore Nasional Potensi SAR, Kantor Basarnas Kupang Libatkan 10 Personil.

Jakarta, KupangBerita.com, – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsdya TNI Kusworo, membuka kegiatan Jambore Nasional Potensi Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/SAR), Senin (27/11) di Bumi Perkemahan (Buperta), Cibubur.

Kegiatan Jambore berlangsung sejak Senin, 27 hingga Kamis, 30 November 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari perwakilan Potensi SAR binaan Kantor SAR se-Indonesia.

Jambore Nasional Potensi SAR ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan tentunya merekatkan jalinan silaturahmi antara Basarnas dengan Potensi SAR, maupun sesama Potensi SAR yang ada di seluruh tanah air,” ungkap Kabasarnas.

Baca Juga:  Estimasi Jumlah Pemudik Meningkat, BNPB Luncurkan Peta Mudik Siaga Bencana

Pada pembukaan tersebut, juga digelar simulasi operasi urban SAR pada bencana gempa bumi oleh Potensi SAR, diantaranya dari SAR Astra, SAR Hidayatullah, SAR Majelis Tafsir Alquran (MTA), dan SAR Dog Indonesia (SDI).

Sementara selama kegiatan Jambore Nasional Potensi SAR diisi dengan berbagai adu skill yang dikemas dalam mini challenge dan fitness drill antar tim dari 43 Potensi SAR se-Indonesia.

Masing-masing tim melibatkan 10 personel termasuk potensi SAR yang berada di bawah naungan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang yang berasal dari unsur Tagana Provinsi NTT, Tagana Kabupaten Kupang, BPBD Kabupaten Kupang, Dinas Sosial Kota Kupang, Kwarda Provinsi NTT, Mapala Undana, serta Perwakilan dari Kelurahan Lasiana dan Penfui.

Baca Juga:  Dahsyatnya Ledakan Gerhana Matahari Total Tanggal 8 April 2024

Seluruh peserta Jambore merupakan personel-personel yang telah mendapatkan pelatihan SAR dan tentunya pilihan dari masing-masing unit pelaksana teknis atau Kantor SAR se-Indonesia.

Basarnas memiliki 43 Kantor SAR. Tim yang mereka hadirkan pada jambore ini adalah personel-personel pilihan yang telah mendapatkan pelatihan teknis SAR dari masing-masing Kantor SAR.

Dari jambore ini, Basarnas dapat memonitor maupun mengevaluasi hasil pembinaan Potensi SAR yang dilaksanakan masing-masing UPT di wilayah kerjanya masing-masing,” imbuhnya.


Powered By NusaCloudHost