Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Estimasi Jumlah Pemudik Meningkat, BNPB Luncurkan Peta Mudik Siaga Bencana

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Estimasi Pemudik Tahun Ini Meningkat, BNPB Luncurkan Peta Mudik Siaga Bencana.
Foto. Estimasi Pemudik Tahun Ini Meningkat, BNPB Luncurkan Peta Mudik Siaga Bencana.

Jakarta, KupangBerita.com , – Estimasi jumlah warga pemudik pada tahun ini meningkat diperkirakan mencapai 190 juta warga. Mudik dengan transportasi darat ke beberapa wilayah masih menjadi pilihan utama. Guna mendukung perjalanan aman, BNPB meluncurkan ‘Peta Mudik Siaga Bencana’.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuat dasbor sistem informasi peta digital yang dapat diakses publik saat mudik lebaran.

‘Peta Mudik Siaga Bencana’ ini memuat informasi tingkat bahaya banjir, cuaca ekstrem dan tanah longsor pada jalur perjalanan darat. Pemudik juga dapat mengetahui informasi mengenai frekuensi kejadian bencana yang pernah terjadi di suatu wilayah pada lokasi yang diakses.

Baca Juga:  IKN Terbaru, Progres Pembangunan Kantor Presiden, Istana Negara, Kantor Kemenko dan Plaza Ceremony

Terkait potensi bahaya tersebut, pemudik dapat mengakses dasbor sistem informasi ‘Peta Mudik Siaga Bencana’ pada tautan berikut ini https://bit.ly/PetaMudikAman2024.

Peta bahaya yang dirilis oleh Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan ini menggunakan data inaRISK, dengan skala 1 : 250.000. Informasi kejadian bencana yang ditampilkan merupakan agregat pada tiap kabupaten/kota sehingga diperlukan kebijaksanaan dalam membaca informasi tersebut.

Menyikapi mudik siaga bencana, BNPB mengimbau para pemudik untuk melakukan rencana perjalanan.


Powered By NusaCloudHost