Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jambore Nasional Potensi SAR, Kantor Basarnas Kupang Libatkan 10 Personil

Avatar photo
Reporter : Dedy Editor: Redaktur
Foto. Jambore Nasional Potensi SAR, Kantor Basarnas Kupang Libatkan 10 Personil.
Foto. Jambore Nasional Potensi SAR, Kantor Basarnas Kupang Libatkan 10 Personil.

Dijelaskan, Potensi SAR adalah sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, teknologi dan informasi, serta hewan selain yang dimiliki Basarnas yang dapat dikerahkan untuk mendukung penyelenggaraan SAR.

Potensi SAR mencakup seluruh stakeholder, mulai dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, unsur TNI, Polri, badan usaha, organisasi masyarakat, komunitas, civitas akademisi, media massa, hingga individu masyarakat yang memiliki kompetensi di bidang SAR.

Keberadaan Potensi SAR dan peran serta mereka diatur dalam UU No. 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

Baca Juga:  Dampak Gempa M6,2 di Kabupaten Garut, Bangunan Rusak Terus Bertambah

Basarnas sebagai leading sector penyelenggaraan SAR merupakan pembina Potensi SAR.

Saat ini, Basarnas memiliki 24.000 lebih Potensi SAR yang telah terlatih di seluruh tanah air.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana, S.E., M.A.P yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa basarnas dan Potensi SAR merupakan dua unsur yang tidak bisa dipisahkan.

“Kami adalah insan SAR. Dari kegiatan ini, kami juga berharap akan meningkatkan komunikasi dan koordinasi, mempertebal soliditas dan sinergitas dalam pelaksanaan tugas kemanusiaan.

Baca Juga:  Jelang Pengadaan CPNS Tahun 2024, MenPAN RB Gelar Jumpa Pers Umumkan Jumlah Kebutuhan

Basarnas dan Potensi SAR adalah satu jiwa, satu rasa dalam misi kemanusiaan, yaitu memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat yang sedang mengalami kegawatdaruratan, pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia,” pungkasnya.

Selanjutnya dirinya berharap agar para peserta secara khusus perwakilan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang dapat menjalankan kegiatan tersebut dengan penuh semangat dan terus menjunjung tinggi sportifitas.***


Powered By NusaCloudHost