Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Polres Kupang Berkomitmen Jaga Ekosistem dan Keseimbangan Laut di Pantai Sulamanda

Avatar photo
Foto. Polres Kupang Berkomitmen Jaga Ekosistem dan Keseimbangan Laut di Pantai Sulamanda.
Foto. Polres Kupang Berkomitmen Jaga Ekosistem dan Keseimbangan Laut di Pantai Sulamanda.

Oelamasi, Kupangberita.com, — Polres Kupang terus berkomitmen untuk menjaga ekosistem laut yang kaya akan keanekaragaman hayati. Dalam upaya tersebut, mereka telah melakukan sejumlah tindakan proaktif untuk memelihara keseimbangan ekosistem laut yang penting bagi wilayah ini.

Salah satu langkah nyata yang diambil oleh Polres Kupang adalah
Menanam 1000 anakan magrove dan melepas ratusan anakan penyu di Pantai Sulamanda, Rabu ,,(23/08) pagi.

Kegiatan tersebut melibatkan kerjasama dengan LSM Konservasi Nusa Palapa, Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana, dan kelompok Cemara Kelapa Tinggi serta warga masyarakat Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah

Kapolres Kupang, Anak Agung Gde Anom Wirata, SIK., MH., Pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Polri dalam menjaga keseimbangan ekosistim laut antara Mangrove, Penyu dan ikan.

Baca Juga:  Percepat Reforma Agraria, BPN Kabupaten Kupang Perkuat Sinergi Penataan Aset dan Pemberdayaan

“Kegiatan ini juga dilakukan secara serentak oleh anggota Polri di seluruh Indonesia. Dengan harapan adanya keseimbangan ekosistem di laut.

Kami berharap masyarakat juga turut serta dan punya kepedulian untuk  menjaga ekosistem laut demi masa depan anak cucu nanti,” kata Kapolres Kupang.

Menurut Kapolres, Mangrove merupakan rumah atau tempat yang aman bagi ikan dan kepiting untuk bertelur.

“Ini akan terjadi proses mata rantai makan bagi ekosistem di laut. Dan pohon mangrove miliki manfaat utuk menjaga terjadinya abrasi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Basarnas Kupang dan PT Angkasa Pura 1 Bandar Udara Internasional El Tari Kupang Tanda Tangani MoU LOCA

Sementara itu, dr. Kayak, mengatakan, kepedulian Polri dalam hal ini yang dilakukan oleh Polres Kupang sangat luar biasa.

“Penanaman mangrove dan pelepasan anakan penyu, secara langsung Polri turut menjaga keseimbangan ekosistem alam hayati di Pantai Sulamanda.

“Terimakasih atas kepedulian Polri khususnya Polres Kupang yang telah melaksanakan penghijauan di Pantai Sulamanda.

Semoga anakan mangrove yang ditanam membuat Pantai Sulamanda menjadi lebih lestari,”katanya.

Usai, melepas ratusan anak penyu, Kapolres bersama seluruh personel Polres Kupang menggelar vidcon dengan Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si langsung dari Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.***


Powered By NusaCloudHost