Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gelar Rembuk Stunting Penjabat Wali Kota : Camat dan Lurah Galakan Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Avatar photo
Foto. Usai Rembuk Stunting Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si., menandatangani komitmen dan kesepakatan bersama penanganan stunting dengan Camat dan Lurah.
Foto. Usai Rembuk Stunting Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si., menandatangani komitmen dan kesepakatan bersama penanganan stunting dengan Camat dan Lurah.

Kupangberita.com —- Dalam rangka mendukung upaya percepatan penurunan prevalensi stunting, Pemerintah Kota Kupang melaksanakan kegiatan Rembuk Stunting, Selasa (27/09/2022) di Hotel Kristal Kupang.

Pada kesempatan tersebut penjabat wali Kota melaui Sekretaris Daerah Kota Kupang Fahrensy Priestley Funay, berharap para Camat dan Lurah agar terus menggalakkan dan menggerakkan masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan sebagai bentuk intervensi sensitif dalam percepatan penurunan Prevalensi Stunting, dan perangi sampah plastik di Kota Kupang.

Terselenggaranya rembuk Stunting tersebut merupakan kolaborasi antara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Kegiatan rembuk stunting dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si., mewakili Penjabat Wali Kota Kupang dan dihadiri oleh para Staf Ahli Wali Kota Kupang, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Kupang, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Kupang, Lousje Marlinda Funay – Pellokila, S.TP, beserta jajarannya, Perwakilan Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Para Camat dan Lurah Se-Kota Kupang, para Kepala Puskesmas, pengurus Ikatan Dokter Anak Indonesia serta pengurus Ikatan Bidan Indonesia.

Baca Juga:  Polres Kupang Kembali Kirim 75 Orang Calon Tamtama Ke Polda NTT

Dalam sambutan Penjabat Wali Kota Kupang yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Kota Kupang, menyampaikan rembuk stunting merupakan kegiatan aksi dari percepatan penurunan Prevalensi Stunting yang baik untuk melakukan konfirmasi dan sinkronisasi berbagai program kegiatan dan sub kegiatan yang telah ada dalam dokumen anggaran Perangkat Daerah baik itu yang bersifat spesifik maupun sensitif.

Oleh karena itu, semua komponen diharapkan fokus pada upaya percepatan penurunan Stunting dan target Kota Kupang angka stunting menjadi 10 % di tahun 2023.

Baca Juga:  Kisah Lurah di Kota Kupang Lolos Perhelatan Paralegal Justice Award 2024 Tingkat Nasional

Saat ini angka Stunting di Kota Kupang berada pada angka 21,5 % pada operasi timbang bulan Agustus 2022, sementara untuk angka Stunting pada bulan Agustus 2021 berada pada 26.1 %.

Ini berarti bahwa selama satu tahun Prevalensi Stunting menurun sebesar 4,6%.

Namun, demikian masih jauh dari target penurunan angka Stunting sebagaimana kesepakatan pada Raker Gubernur dan Bupati / Wali Kota di Labuan Bajo di mana target penurunan Stunting pada angka 10 % di tahun 2023.


Powered By NusaCloudHost