Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Tingkatkan Kualitas Layanan, 13 Puskesmas di Kabupaten Kupang Lakukan Re-Akreditasi

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Tingkatkan Kualitas Layanan, 13 Puskesmas di Kabupaten Kupang Lakukan Re-Akreditasi.
Foto. Tingkatkan Kualitas Layanan, 13 Puskesmas di Kabupaten Kupang Lakukan Re-Akreditasi.

Oelamasi, KupangBerita.com, – Sebanyak 13 Puskesmas di Kabupaten kupang melakukan re akreditasi . Kegiatan yang rutin dilaksanakan lima tahun sekali itu dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai standar internasional.

“Tahun 2024 ini, pemerintah Kabupaten Kupang akan melakukan akreditasi sebanyak 13 Puskesmas.

Penilaian ini akan dilakukan oleh tim surveyor dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna
(LPAPKP) NTT,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Yoel Laitabun, usai pembukaan re akreditasi di UPTD Puskesmas Naibonat, Kamis (18/4) siang.

Disebutkan Yoel Laitabun, 13 puskesmas tersebut yakni puskesmas Pakubaun, Naibonat, Sonraen, Oemasi, Baun, Naikliu, Soliu, Manubelon, Poto, Oenuntono, Huiebunif, Lelogama, dan Fatumonas.

Puskesmas Naibonat sendiri menjadi puskesmas kedua yang dilakukan re akreditasi setelah puskesmas Pakubaun pada tanggap 3-5 April 2024 lalu.

Baca Juga:  Ada Apa? Pemerintah Kecamatan Amfoang Barat Daya Tutup Jalan Utama Manubelon - Naikliu

Setelah ini, akan menyusul puskesmas Sonraen pada akhir April 2024 ini,” jelasnya.

Disampaikan Joel, bahwa selama akreditasi. Tim surveyor akan berada selama tiga hari di puskesmas dan akan melakukan sejumlah penilaian baik pada dokumen, wawancara juga melihat langsung pelayanan yang diberikan.

Harapkan kerja keras dan kerjasama dari puskesmas dan lintas sektor untuk suksesnya re akreditasi puskesmas ini.

Akreditasi ini sangat penting, sehingga dia meminta para kepala puskesmas agar mempersiapkan diri sebaik mungkin agar saat hasilnya keluar ada peningkatan status.

Jika hasilnya tetap atau turun berarti kerja keras sia-sia tapi saya yakin kerjasama ini dapat membuahkan hasil maksimal,” ungkapnya.

Kepada kepala dan staf Puskesmas Naibonat dia mengatakan mereka sudah menunjukan semangat yang luar biasa karena itu sebuah harapan.

Baca Juga:  KPK Temukan Mobil Dinas Kabupaten Kupang Masih Dikuasai Mantan Bupati, Wakil dan Sekda

“Kalau satu dua orang yang kerja tentu itu tidak terwujud tapi kalau semua kerjasama libatkan semua sektor maka saya yakin apa yang menjadi harapan dapat terwujudkan,” pungkasnya.

Sementara Kepala UPTD Puskesmas Naibonat, Laurensius Dulo mengatakan, dalam rangka menghadapi re akreditasi , selama ini pihaknya sudah melakukan berbagai perubahan.

Salah satu perubahan itu, melalui kotak saran yang disediakan bagi pengunjung setiap harinya selalu kami diperbaharui.

“Tentunya, melalui kotak saran itu banyak keluhan dan saran kepada kami, sehingga kami melakukan perubahan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa re akreditasi ini guna mendapatkan pengakuan nasional.


Powered By NusaCloudHost