Menu

Mode Gelap

Berita · 13 Sep 2021 23:34 WITA ·

Kaloborasi Balai Sungai dan BMKG NTT Lakukan Sekolah Tematik


					Kaloborasi  Balai Sungai dan BMKG NTT Lakukan Sekolah Tematik. Perbesar

Kaloborasi Balai Sungai dan BMKG NTT Lakukan Sekolah Tematik.

Kupangberita.com –  Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT 2) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berkolaborasi dalam kegiatan sekolah lapang iklim tematik demi peningkatan kapasitas pengamat pos hidrologi wilayah sungai noelmina.

Kegiatan resmi dibuka oleh Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim  Deputi Klimatologi BMKG, Marjuki, scara online, selama 3 hari (8-10/09/21) dengan mengutamakan protokol kesehatan ketat.

Tujuan kegiatan guna menjawab salah satu tujuan dari Suistanable Development Goal’s point  6 terkait Air dan Sanitasi. Dengan memastikan ketersediaan dan pengelolaan air, sanitasi yang berkelanjutan untuk semua.

Baca Juga:  Prediksi BMKG Musim Hujan di NTT Terjadi Pada November

Marjuki mengapresiasi terhadap kolaborasi lintas sektoral perdana ini selain itu dia juga menyoroti bahwa air merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

“Provinsi NTT merupakan wilayah yang sangat rentan terhadap bencana hidrometeorologis pada setiap tahun, untuk dapat melakukan adaptasi dan mitigasi dini.

Hal yang perlu diperhatikan adalah  pengelolaan terhadap kelebihan air ketika musim hujan yang dapat digunakan ketika periode musim kemarau,”ujar Marjuki.

Baca Juga:  BMKG Prediksi Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi 3 Hari ke Depan

Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Yohanes Harapan Jumat (10/09/21) di kupang mengatakan, “kegiatan ini berperan penting demi meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) BWS NT II khususnya bagi pengamat hidrologi.

Agar dapat melakukan troubleshooting ketika alat bermasalah di wilayah kerjanya, serta SDM Balai Wilayah Sungai NT II terkait memahami informasi iklim secara rutin diterbitkan oleh Stasiun Klimatologi Kupang,”ujar Yohanes Harapan.

Kepala Stasiun Klimatologi Kupang Rahmattulloh Adji mengucapkan terima kasih kepada Balai Wilayah Sungai NT II yang telah menerima tawaran dari kolaborasi ini.

Baca Juga:  Prediksi BMKG Musim Hujan di NTT Terjadi Pada November

Adji menambahkan, kegiatan kolaborasi ini tidak hanya berhenti sampai di sini namun terus terjalin secara berlanjut karena masih banyak pekerjaan lain yang berhubungan dengan BWS NT II.

“Seperti penyelarasan peralatan klimatologi milik BWS dan BMKG hingga mendiseminasikan dalam portal Sistem Informasi Hidrometeorologi, Hidrologi dan Hidrogeologi (SIH3),”ujar Adji.

(Makson Saubaki)

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Makson Saubaki badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Kupang Turunkan 46 Raiders Berlaga di Event Adventure Polres Belu

25 Juni 2022 - 21:34 WITA

Foto. Kaolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto S.I.K M.H, menurunkan 46 raiders berlaga di event adventure Polres Belu.( Foto Humas Polres Kupang).

Peserta Delegasi Rakerwil APEKSI Puji Pembagunan SPAM Kali Dendeng

24 Juni 2022 - 22:52 WITA

Viral, Seorang Pria Afghanistan Naik ke Puncak Jembatan Liliba

24 Juni 2022 - 22:21 WITA

Wakil Bupati Kupang Secara Resmi Buka Rapat Kerja GKII Wilayah Bali Nusra

24 Juni 2022 - 19:44 WITA

Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, memukul gong tanda dibukanya rapat GKII Wilayah Bali Nusra di GKII Jemaat Benohonis Oelbima, Desa Oebola.

Peran Pemkab Kupang dan Dekranasda NTT Dalam Mengembangkan UMKM Pasca Pandemi

23 Juni 2022 - 22:43 WITA

Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dan Ketua Dekranasda NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat.

Bupati Kupang Hadiri Ulang Tahun Ke 72 Gereja Paroki St.Yohanes Pemandi Buraen

23 Juni 2022 - 21:34 WITA

Trending di Berita