Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

DPRD Apresiasi Mou Pemerintah Kabupaten Kupang, Institut KAPAL Perempuan, dan PEKA-PM

Avatar photo
Foto. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Sofia Malelak de-Haan.
Foto. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Sofia Malelak de-Haan.

Oelamasi, Kupangberita.com, — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang, Sofia Malelak de-Haan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap bentuk kerja sama/Mou yang terjalin antara Pemerintah Kabupaten Kupang, Institut KAPAL Perempuan, dan Lembaga Perkumpulan Pendidikan Penguatan Kepemimpinan Perempuan dan Masyarakat (PEKA-PM).

Kerja sama ini menandai langkah konkret dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan dan kaum marginal yang terpinggirkan di Kabupaten Kupang.

Institut KAPAL Perempuan, yang merupakan lembaga yang fokus pada isu-isu perempuan, dan PEKA-PM, lembaga yang peduli pada hak-hak perempuan, disabiltas dan kaum marjinal lainnya, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kupang untuk mengimplementasikan program-program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan hak-hak perempuan  daerah tersebut.

Salah satu inisiatif utama yang telah dilaksanakan melalui kerja sama ini adalah penandatangan MoU Pemerintah Kabupaten Kupang, Institut KAPAL Perempuan dan PEKA-PM, Kamis (27/07) di Aula Kantor  Bupati Kupang.

Wakil Ketua DRPD Kabupaten Kupang, Sofia Malelak de-Haan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kupang yang telah membuka diri untuk bangun kerjasama dengan Institut KAPAL Perempuan dan PEKA-PM.

Baca Juga:  Sidak Kehadiran, Pj. Bupati Kupang Temukan ASN dan Tenaga Kontrak Tak Disiplin Berkantor

Ini suatu langkah strategis ke depan, dengan adanya MoU ada banyak tanggungjawab yang harus dikerjakan multi pihak terutama untuk pengembangan dan pembangunan daerah yang inklusi.

Sehingga  kaum marginal, disabilitas bisa dilibatkan dalam perencanaan, pelaksanaan dan termasuk penikmat hasil pembangunan,”katanya.

Dikatakan Sofia, kerja sama ini akan berlangsung selama 5 tahun. Dengan MoU ini sebagai dasar untuk di dorong masuk dalam RPJMD. Sehingga adanya kepastian program kerja sesuai dengan yang ditandatangani bersama di dalam Mou.

“Memang penting, bagi pemerintah Kabupaten Kupang membuka diri, bekerja sama dan kolaborasi dengan semua pihak demi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat yang terpinggirkan selama ini.

Sebagai anggota DPRD merasa senang dan bangga, karena DPRD diamanatkan oleh undang- undang besama bupati sebagai penyelengara pemerintahan di daerah,”pungkas Sofia de-Haan.

Dikatakan Srikandi Partai Nasdem Kabupaten Kupang ini bahwa banyak keberhasilan yang telah dilakukan oleh PEKA-PM dan Institut KAPAL Perempuan.

Wujud keberhasilannya dalam mendorong kaum perempuan dan kelompok marginal turut berperan aktif dalam perencanaan pembagunan di Kabupaten Kupang.

Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Widya Mandira Kupang Tersesat di Gunung Fatuleu Akhirnya Ditemukan

Hal ini dapat dibuktikan ada musrembang perempuan secara khusus dan perempuan turut terlibat dalam kegiatan secara berjenjang dari tingkat dusun hingga tingkat kabupaten.

“Untuk itu, saya mendorong kaum perempuan untuk bangkit dan berjuang menjadi champions – champions yang membanggakan kita semua,”katanya lagi.

Terobosan Dinas Dukcapil Kabupaten Kupang Luar Biasa

Terobosan yang dilakukan oleh Dukcapil Kabupaten Kupang di bawah kendali, Yulius Taklal sangat luar biasa.

“Dengan program Lais Manekat, yang diusung oleh dinas Dukcapil Kabupaten Kupang membawah berkah tersendiri bagi kaum disabilitas guna mendapatkan administrasi kependudukan.

“Terobosan jemput bola inilah perlu mendapat apresiasi. Karena terobosan ini kaum marginal dan disabiltas mendapatkan layanan administrasi kependudukan.

Melalui kepemilikan adminduk ini mereka bisa mendapatkan pelayanan sosial dan pelayanan lainnya.

Selain itu juga meraka dengan mudah memperoleh akses pembagunan yang menyasar bagi kepentingan mereka,”ungkapnya Sofia.***


Powered By NusaCloudHost