Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Menelusuri Keajaiban Sejarah Nusa Tenggara Timur: Jejak Peninggalan yang Memukau

Avatar photo
Foto. Liang Bua, yang terletak di Desa Liang Bua, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai.
Foto. Liang Bua, yang terletak di Desa Liang Bua, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai.

Kupangberita.com , — Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan sejarahnya yang memukau.

Tempat-tempat bersejarah di NTT menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung yang ingin menyelami jejak peradaban lama di wilayah ini.

Salah satu tempat bersejarah yang paling mencuri perhatian adalah Liang Bua , yang terletak di Desa Liang Bua, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai.

Di situs ini, para arkeolog menemukan fosil Homo floresiensis , juga dikenal sebagai “Hobbit dari Flores.” Temuan ini mengejutkan dunia ketika diumumkan pada tahun 2004.

Baca Juga:  Pesona Pantai Panmuti di Kabupaten Kupang: Spot Saksikan Momen Sunrise yang Memukau

Fosil-fosil tersebut membuka jendela baru dalam pemahaman kita tentang evolusi manusia. Pengunjung dapat mengunjungi museum di Liang Bua untuk memahami lebih lanjut tentang penemuan ini dan melihat replika fosil Hobbit yang menarik.

Sano Nggoang , danau vulkanik terbesar di Indonesia, juga terletak di NTT dan menyimpan cerita sejarah yang menarik.

Dalam mitologi lokal, danau ini diyakini sebagai tempat para dewa dan roh nenek moyang. Sano Nggoang juga memiliki panorama alam yang luar biasa, dengan air biru jernih dan pemandangan gunung-gunung berapi yang spektakuler.

Baca Juga:  Pesona Pantai Panmuti di Kabupaten Kupang: Spot Saksikan Momen Sunrise yang Memukau

Jangan lewatkan juga Kampung Adat Wae Rebo , sebuah desa adat di dataran tinggi Manggarai. Desa ini terletak di tengah hutan lebat, dan untuk mencapainya, pengunjung harus berjalan kaki selama beberapa jam melalui trek alam yang menakjubkan.

Wae Rebo adalah tempat yang ideal untuk melihat dan mengalami kehidupan masyarakat tradisional NTT.

Rumah adat dengan atap kerucut khas dan suasana kebersamaan yang hangat membuat kunjungan ke sini menjadi tak terlupakan.


Powered By NusaCloudHost