Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Siklon Tropis Olga Terpantau di Samudra Hindia Barat Daya Sabu, BMKG : Waspadai Angin Kencang di NTT

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Siklon Tropis Olga Terpantau di Samudra Hindia Barat Daya Sabu, BMKG : Waspadai Angin Kencang di NTT.
Foto. Siklon Tropis Olga Terpantau di Samudra Hindia Barat Daya Sabu, BMKG : Waspadai Angin Kencang di NTT.

KupangBerita.com , — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bibit siklon tropis Olga kini berada di Samudra Hindia Barat Daya Sabu, dengan kecepatan angin maksimum 60 knots atau 110 km/jam dan tekanan udara minimum 983 HP.

Siklon tropis Olga diprediksi bergerak ke arah Selatan Barat Daya. Sistem ini membentuk daerah perlambatan Kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang dari Pesisir Sumatera Barat hingga Sumatera bagian selatan, perairan Selatan Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara Timur juga Kalimantan bagian selatan.

Sistem ini membentuk daerah pertemuan angin atau konfluensi di laut Jawa, laut Flores hingga Samudra Hindia Selatan dari Nusa Tenggara Timur.

Selain itu juga menginduksi Kecepatan angin lebih dari 25 knot atau low level jet di sekitar siklon tropis di Samudra Hindia selatan Pulau Sumba dan di Samudra Hindia Barat.

Baca Juga:  Koordinator Maki, Boyamin Saiman: Ada Rakyat Dibalik Kejaksaan

Hal tersebut disampaikan BMKG, Sabtu (6/04) dalam infoBMKG prakiraan cuaca esok Minggu (7/04) melalui chanel You Tube info BMKG.

BMKG mengungkapka dari Australia sementara, terpantau sirkulasi siklonik di laut Arafura bagian Selatan yang mana, sirkulasi ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Arafura hingga saum laki serta membentuk daerah konfluensi di sekitar Teluk Carpentaria.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan low level jet di sepanjang daerah tersebut.

BMKG mengingatkan khususnya yang berada di wilayah-wilayah tersebut agar tetap waspada akan dampak dari sistem tersebut.

Prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah Timuran dengan atan berkisar 10 hingga 40 km/jam.

Baca Juga:  BNPB Target Desember 2024, NTT Bebas Rabies

Waspada potensi angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur. Suhu udara umumnya berkisar antara 18 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban berkisar antara 55 hingga 100%.

Prakiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 m waspada potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di Samudra Hindia Selatan dari pulau Sumba.

Waspada potensi banjir rob di pesisir dari Sumatera Utara kemudian pesisir Utara dari Jawa Tengah dan juga pesisir Nusa Tenggara Timur.

Prakiraan cuaca kota-kota besar di wilayah Indonesia diawali dari wilayah Sumatera secara umum cuaca di Kota Banda Aceh diprakirakan cerah berawan.


Powered By NusaCloudHost