Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Religi  

Keren, Prosesi Jalan Salib Jemaat GMIT Fatusion Siki Kenakan Pakaian Adat Khas Timor

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Keren, Prosesi Jalan Salib Jemaat GMIT Fatusion Siki Kenakan Pakaian Adat Khas Timor.
Foto. Keren, Prosesi Jalan Salib Jemaat GMIT Fatusion Siki Kenakan Pakaian Adat Khas Timor.

KupangBerita.com , – Gema Paskah mengenang sengsara dan wafat Tuhan Yesus di kayu salib 2000 tahun lalu, jemaat GMIT Fatusion Siki Desa Lakat, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten TTS menggelar Jalan Salib mengenangkan pakaian adat Khas Timor Tengah Selatan pada perayaan kebangkitan Yesus, Minggu (1/3/2024).

Prosesi yang menggabungkan elemen keagamaan dan nuansa adat Timor Tengah Selatan (TTS) itu menjadi momen yang sangat menggembirakan bagi jemaat GMIT Fatusion Siki, pasalnya prosesi jalan salib yang digelar pada perayaan kebangkitan Tuhan Yesus merupakan kegiatan jalan salib perdana yang pernah digelar dengan nuansa berbeda.

Uniknya para pemeran fragmen jalan salib tampil mengenakan busana adat tanpa terkecuali, baik dari pemeran prajurit, penyamun, Pontius Pilatus hingga Mahkamah Agama.

Disaksikan media ini, prosesi jalan salib yang dimulai pukul 04.00 Wita itu bermula dari pos pertama, dengan kisah kesengsaraan Tuhan Yesus dari penangkapan hingga berlanjut ke pos kedua, Yesus dihadapkan kepada Mahkamah Agama dan Pilatus yang menjadi wali negeri.

Meski tidak ditemukan kesalahan pada Yesus, namun para ahli taurat dan orang Yahudi saat itu ingin Yesus tetap dijatuhi hukuman mati dengan cara disalib.

Baca Juga:  Peduli Persoalan Orang Muda, Pemerintah Kota Kupang Gelar Peningkatan Kapasitas Iman Orang Muda Katolik

Selanjutnya di pos ketiga, Yesus dibawa ke Golgota oleh 2 penyamun, untuk disalibkan.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Simon Selan, warga jemaat GMIT Fatusion Siki, kepada media ini mengapresiasi UPP Pemuda Fatusion Siki pasalnya, prosesi ini memberi pesan iman yang kuat bagi mereka.


Powered By NusaCloudHost