Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Siklon Tropis Olga Menjauh, BMKG: Waspadai Potensi Angin Kencang di 4 Wilayah Ini

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaksi
Foto. Siklon Tropis Olga Menjauh, BMKG: Waspadai Potensi Angin Kencang di 4 Wilayah Ini.
Foto. Siklon Tropis Olga Menjauh, BMKG: Waspadai Potensi Angin Kencang di 4 Wilayah Ini.

KupangBerita.com , — Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini siklon tropis Olga berada di Samudra hindia Selatan Nusa Tenggara Barat.

“Diprediksi siklon tropis Olga, bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia dengan potensi melemah dalam 24 jam ke depan.

Sistem ini membentuk daerah perlambatan Kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang dari perairan Timur Jambi hingga Laut Jawa, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah hingga Laut Jawa dan di Nusa Tenggara Timur.

Terjadi pertemuan angin atau konfluensi di Laut Jawa dan perairan Timur Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, sistem ini juga menginduksi peningkatan Kecepatan angin di atas 50 km/jam di sekitar wilayah siklon tropis,” jelas Maria Klaudiana dalam Update Perkiraan Cuaca yang berlaku esok, Rabu (10/4) melalui Chanel You tube Infobmkg.

Dikatakan Mara, dampak ini, memicu peningkatan tinggi gelombang laut di perairan Selatan Bali hingga Nusa Tenggara Timur.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Semenanjung Malaysia dari Sumatera Utara hingga Jambi, Kalimantan Utara Sulawesi bagian tengah di perairan Utara Papua Barat dan Papua Tengah hingga Papua pegunungan.

Daerah konvergensi dan konfluensi ini berpotensi mengalami peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan.

Prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya masih didominasi angin dari Timuran dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 40 km/jam.

“Waspadai potensi angin kencang di atas 50 km/jam yang diprakirakan terjadi di wilayah Sumatera Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara,” ungkapnya.

Selanjutnya, untuk suhu udara umumnya berkisar antara 20 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembaban berkisar antara 50 hingga 100%.

Prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Indonesia secara umum tinggi gelombang laut cukup kondusif yaitu berkisar antara 0,5 hingga 2 meter, namun perlu diwaspadai, potensi banjir rob yang berakhir akan terjadi di pesisir Sumatera Utara, pesisir Banten, pesisir Nusa Tenggara Timur dan pesisir Maluku.

Berikut perkiraan cuaca di kota-kota besar di Indonesia kita awali dari pulau Sumatera, Kota Banda Aceh, kota Medan dan Tanjung Pinang diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan.


Powered By NusaCloudHost