Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

1000 Days Fund, DPMD Kabupaten Rote Ndao Galang Kolaborasi Cegah Stunting

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. 1000 Days Fund, DPMD Kabupaten Rote Galang Kolaborasi Cegah Stunting.
1000 Days Fund, DPMD Kabupaten Rote Galang Kolaborasi Cegah Stunting.

KupangBerita.com, — Pemerintah Rote Ndao melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mendorong kemitraan antara 20 Desa dengan 1000 Days Fund dalam pencegahan stunting.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor DPMD, 20 desa yang terdiri dari Desa Lekik, Batutua, Meoain, Busalangga Barat, Holulai, Bebalain, Kuli Aesele, Ofalangga, Lengguselu, Oenggae, Papela, Daleholu, Oehandi, Siomeda, Ngodimeda, Pilasue, Tebole, Batefalu, Daiama dan Busalangga Timur menandatangani perjanjian kerjasama dengan 1000 Days Fund.

Kepala DPMD Kabupaten Rote Ndao, Yames M.K. Therik, SH mengatakan, Pemerintah mendukung sepenuhnya upaya kolaboratif ini, karena kami percaya bahwa kunci untuk mengatasi stunting adalah melalui kerjasama yang erat antara NGO dan masyarakat.

Baca Juga:  Kabar Baik Bagi ASN di Kabupaten Kupang, TPP Akan Dibayar Setiap Bulan

“Kami berharap, kerjasama ini membawa dampak positif yang signifikan bagi peningkatan pengetahuan dan kemampuan Kader Posyandu untuk mencegah stunting,” ungkapnya, Jumat (07/3).

Lebih lanjut, Program Manager 1000 Days Fund, Dodi Nuriana, mengatakan bahwa kemitraan ini bertujuan untuk melatih dan membekali Kader Posyandu dengan alat dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk mencegah stunting di Desa Mereka.

“Nantinya, diharapkan pencegahan stunting yang lebih optimal dapat terjadi dilingkungan desa.

Selanjutnya, kolaborasi ini akan berfokus kepada pelatihan kepada Kader Posyandu, pendampingan kegiatan posyandu, technical assistant kepada kakder, distribusi materi Informasi dan Edukasi (KIE), dan inisiatif kunjungan dan pemantauan rumah tangga.

Selain itu, Desa juga melakukan co-sharing anggaran dengan 1000 Days Fund untuk alokasi kegiatan pelatihan bagi Kader Posyandu di masing-masing wilayah.

Baca Juga:  Gerakan Tanam Bersama, Pj Bupati Kupang Dampingi Tenaga Ahli Kementan Tanam Padi Ciherang

Secara keseluruhan, total anggaran desa yang digunakan untuk pelatihan bagi Kader Posyandu di 20 desa sebesar Rp104.000.000,” jelasnya.

Kepala Desa Busalangga Timur, Hanry adu, mengatakan bahwa desa Busalangga Timur berkomitmen untuk berperan serta aktif dalam kemitraan ini.

Dukungan organisasi seperti 1000 Days Fund, kita dapat menerapkan strategi yang efektif untuk mencegah stunting melalui peran kader Posyandu yang lebih baik,” kata Handry Adu.

Dikatakan Handry Adu, kemitraan antara 1000 Days Fund dan 20 Desa mencerminkan komitmen bersama untuk mewujudkan tujuan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Rote Ndao menjadi 14%.


Powered By NusaCloudHost