Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Dukung Spot Wisata, Distan Kabupaten Kupang Tanam 20 Ribu Pohon Jeruk Manis di Amfoang

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Dukung Spot Wisata, Distan Kabupaten Kupang Tanam 20 Ribu Pohon Jeruk Manis di Amfoang.
Foto. Dukung Spot Wisata, Distan Kabupaten Kupang Tanam 20 Ribu Pohon Jeruk Manis di Amfoang.

Oelamasi, KupangBerita.com, — Dukung spot wisata, Dinas Pertanian Kabupaten Kupang tanam 20 ribu pohon jeruk manis (keprok Seo) di Kecamatan Amfoang Tengah.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Lecky Frederich Koli, mengatakan
Tanam ribuan pohon jeruk manis sebagai langkah inovasi pemerintah pusat, Pemerintah propinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam rangka mendukung pariwisata Observatorium.

“Selain itu, hampir sebagian besar lahan-lahan ini masih berupa lahan kosong. Tapi kondisi tanah dan iklim alamnya sangat berpotensi untuk pengembangan holtikultura seperti jeruk, kopi dan juga aneka jenis sayur mayur,” kata Lecky Koli, kepada media, Jumat (22/12).

Baca Juga:  Miris, 5 Bulan Dokter PTT di Kabupaten Kupang Belum Gajian, Ini Jawaban Kadis Kesehatan

Lecky Koli, berharap paling lambat dalam kurun waktu 10 tahun mendatang daerah Amfoang Tegah menjadi daerah produsen holtikultura.

“Tentu kita berharap ke depan adanya hilirisasi pengembangan hasil lanjutan secara kontinyu,”ungkapnya.

Menurutnya ke depan daerah ini akan menjadi destinasi wisata alam yang memukau. Yang pada akhirnya bisa mendongkrak pendapatan daerah.

“Oleh karena itu, perlu pengembangan hasil holtikultura dan diikuti dengan pengembang spot wisata holtikultura seperti jeruk dan kopi.

Sehingga ketika wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung tidak hanya menikmati pesona alam. Tetapi bisa menikmati hidangan kopi amfoang dan makan jeruk amfoang,”jelas Lecky Koli.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Amin Juariah, mengatakan kegiatan penanaman 20 ribu anakan jeruk keprok soe di Kecamatan Amfoang Tengah ini sebagai bagian dari mendukung program unggulannya Bupati dan dan Wakil Bupati Kupang yakni program revolusi 5P pada bidang pertanian dan perkebunan.

Baca Juga:  Peringati HUT Kota Kupang, Camat dan Lurah Dapat Kendaraan Dinas

Dengan mengusung tagline “Jumat Keramat” (Jumat Kerja Bersama Masyarakat). Disebutkan Amin Juariah, bahwa penanaman anak jeruk ini tersebar di 3 desa dengan total luasan area kurang lebih 50 hektare.

Satu hektare itu ditanam 400 anakan. Sehingga totalnya ada 20 ribu anakan yang ditanam diatas lahan 50 hektare ditambah aspirasi 5 hektare, sehingga total keseluruhannya 22 ribu anakan.


Powered By NusaCloudHost