Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kepala BNPB Serahterimakan Bandara VIP Beau Field Kepada Pemerintah Vanuatu

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Kepala BNPB Serahterimakan Bandara VIP Beau Field Kepada Pemerintah Vanuatu.
Foto. Kepala BNPB Serahterimakan Bandara VIP Beau Field Kepada Pemerintah Vanuatu.

Jakarta, KupangBerita.com, — Setelah sekitar tiga bulan melakukan pekerjaan renovasi dan rekonstruksi, pemerintah Indonesia akhirnya menyelesaikan renovasi ruang VIP (Very Important Persons) di Bandara Internasional Beau Field di Port Vila, Vanuatu.

Bandara yang menjadi pintu gerbang udara Vanuatu ini telah mengalami kerusakan parah akibat dampak Badai Judy dan Kevin pada Maret 2023 lalu. Selain itu, hampir seluruh wilayah Vanuatu terkena dampak bencana badai tropis.

Atas dasar ini, Pemerintah Indonesia kemudian memutuskan untuk memberikan dukungan logistik dan material, termasuk perbaikan infrastruktur dan layanan utama di ruang VIP di Bandara Beau Field. Untuk dukungan logistik, pemerintah mengirimkan peralatannya pada Mei 2023. Kemudian memulai pembangunan pada September 2023 untuk memperbaiki ruang VIP di Bandara Beau Field.

Pada hari ini, Sabtu (17/12), Pemerintah Indonesia yang diwakili Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hadir ke Vanuatu untuk menyerahterimakan ruang VIP Bandara Beau Field kepada Pemerintah Vanuatu.

Upacara serah terima itu dilakukan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., kepada Menteri Luar Negeri Vanuatu, Hon. Matai Seremaia, disaksikan Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu, Dr. Siswo Pramono bersama perwakilan Kementerian Luar Negeri RI dan PT. PP sebagai kontraktor pelaksana di bawah kendali Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ruang VIP Bandara Beau Field kini telah berubah wajah. Kerusakan konstruksi yang mencapai hampir 50 persen itu telah diperbaiki oleh 24 pekerja yang merupakan orang-orang terpilih dan 5 engineer terbaik dari Tanah Air.

Selain perubahan wajah, ruang VIP baru itu kini juga dilengkapi fasilitas seperti lounge, ruang tunggu atau transit, toilet umum termasuk difabel dengan menghadirkan ornamen yang masih bernuansa Indonesia dan Vanuatu.

Ruang VIP dengan luas total 912,6 meter persegi itu kini telah dapat dinikmati oleh warga Vanuatu dan tamu-tamu penting termasuk delegasi kenegaraan.

Melalui perbaikan infrastruktur itu, Pemerintah Indonesia berharap semoga hal itu dapat lebih mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vanuatu.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga berkomitmen untuk mendorong keamanan dan pertahanan secara berkesinambungan di kawasan Pasifik.***


Powered By NusaCloudHost