Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Meminimalisir Risiko, Pemkab Kupang Gelar Sosialisasi Perda Penanggulangan Bencana

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Meminimalisir Risiko, Pemkab Kupang Gelar Sosialisasi Perda Penanggulangan Bencana.
Foto. Meminimalisir Risiko, Pemkab Kupang Gelar Sosialisasi Perda Penanggulangan Bencana.

Oelamasi, KupangBerita.com, — Pemerintah Kabupaten Kupang Gelar Sosialisasi Perda Penanggulangan Bencana bersama CIS Timor dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) menggelar sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Kupang, Jumat (17/11) di Aula Kantor Bupati Kupang.

Plt.Sekda Mesak Elfeto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan memberi apresiasi kepada Yayasan Circle of Imagine Society (CIS Timor) yang bekerjasama dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Kupang, atas dilaksanakannya kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Kupang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Mesak berharap hasil sosialisasi ini tidak hanya di dengar saja. Tetapi, mampu memberi pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya bencana alam. Sehingga meminimalisir risiko korban jiwa, kerugian ekonomi, kerusakan sumber daya alam dan menjadi pedoman bersama untuk mengelola potensi dan risiko bencana secara detail di wilayah masing-masing, membantu aparatur desa/ kecamatan dan Kabupaten dalam menyusun dokumen peta bencana serta memahami mekanisme koordinasi lintas sektor dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Baca Juga:  Viral, Video Seorang Pelajar di Kota Kupang Ditemukan Tewas Gantung Diri, Ini Penyebabnya

Dijelaskan Mesak Elfeto, Indonesia sebagai Negara dengan kawasan yang terletak diantara empat lempeng tektonik yakni lempeng India Australia, lempeng Eurasia, lempeng Filipina dan lempeng pasifik, serta banyaknya patahan besar, menjadikan Indonesia sebagai negara yang rawan terhadap bencana alam baik gempa bumi, tsunami maupun letusan gunung api.

“Khusus Kabupaten Kupang, sebagai wilayah yang berhadapan langsung dengan lempeng Australia dan Asia.

Selain itu sebagai daerah yang berada pada lintang Selatan Indonesia, merupakan daerah yang memiliki potensi terhadap bencana geologi seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor, serta bencana hidrometeorologi seperti cuaca ekstrem, puting beliung, banjir, kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan,”jelasnya.

Baca Juga:  Tindak Lanjut Himbauan Kapolda NTT, Polsek Sulamu Lakukan Aksi Pungut Sampah

“Saat ini kita mengalami musim kemarau yang cukup panjang dan gempa yang terjadi beberapa waktu lalu mengguncang kabupaten kupang dan sekitarnya.


Powered By NusaCloudHost