Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Perayaan HUT RI Ke-78, Bupati Kupang Minta Masyarakat Bijaksana Menghadapi Tahun Politik 

Avatar photo
Foto. Perayaan HUT RI Ke-78, Bupati Kupang Minta Masyarakat Bijaksana Menghadapi Tahun Politik.
Foto. Perayaan HUT RI Ke-78, Bupati Kupang Minta Masyarakat Bijaksana Menghadapi Tahun Politik.

Oelamasi, Kupangberita.com, –Perayaan HUT RI ke-78 tahun 2023, tingkat kabupaten Kupang dipimpin langsung oleh Bupati Kupang, Korinus Masneno, dengan mengunakan pakaian adat kebesaran Amarasi. Upacara berlangsung di lapangan Kantor Bupati Kupang, Kamis (17/08) pagi.

Uniknya upacara kali ini setiap peserta upacara dan tamu undangan yang hadir diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat etnis daerah khas NTT.

Tampak Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, hadir dengan pakaian  adat TTS, sementara Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Daniel Taimenas, mengenakan pakaian adat kebesaran Amarasi.

Upacara memperingati detik-detik proklamasi ini dimulai tepat pukul 08.00 Wita yang dipandu oleh pembawa acara Will Bureni.

Hadir juga perwakilan Lantamal VII Kupang, perwakilan Lanud El Tari Kupang, Komandan Brigif 21/Komodo, Danlanudal Kupang, Komandan Satrad 226 Buraen, Kapolres Kupang dan jajaran, Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi dan jajaran, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang dan jajaran serta tamu undangan lainnya.

Juga Plt, Sekda Kabupaten Kupang, pimpinan OPD serta para sesepuh Kabupaten Kupang.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati dalam amanatnya meminta agar masyarakat dalam mengahadapi tahun politik yang ada didepan mata untuk lebih bijaksana dan dewasa dalam berpolitik.

“Menjelang tahun Politik diharapkan masyarakat Kabupaten Kupang lebih dewasa dan bijaksana dalam berpolitik,”katanya.

Lebih dari itu, dirinya juga meminta masyarakat Kabupaten Kupang harus memiliki mental dan karakter pejuang.

“Daerah ini akan terus melaju untuk maju, seirama dengan tema HUT RI ke-78, Tahun 2023, “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Kupang Minta Satpol PP Tertibkan Ternak yang Berkeliaran di Area Civic Center

Daerah ini tidak akan berhenti. Tetapi, terus mewujudkan tekad seluruh masyarakatnya untuk Mandiri dan sejahtera.

Kita semua yang ada di daerah ini adalah orang-orang hebat, orang-orang dengan karakter pejuang yang bermental petarung,” ujar Bupati Korinus.

Dikatakan Bupati Kupang, semua cerita sukses yang telah diraih bersama harus menjadi kisah sukses yang tak mudah sirna oleh waktu.

Keberhasilan yang telah rai merupakan sebuah nilai yang harus terus terjaga. Dan harus mampu menjadi suplemen bagi Kabupaten Kupang dalam menghadapi tantangan maupun permasalahan ke depan.

“Kita tidak boleh menyerah, tidak boleh juga menghindari semua tantangan yang ada. Mari rapatkan barisan Satukan tekad untuk bersama kita hadapi semuanya,”ungkapnya

Banyak hal yang dia sampaikan saat amanat itu mulai dari layanan pada bidang kesehatan terbukti pemerintah Kabupaten Kupang berhasil meraih piagam penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Deputi Direksi BPJS Wilayah Bali Nusra pada bulan Mei lalu.

“Dengan meraih penghargaan UHC ini masyarakat Kabupaten Kupang mendapatkan layanan kesehatan gratis di berbagai fasilitas kesehatan.

Selain itu, layanan pada bidang pendidikan, pembangunan ekonomi, juga pembangunan infrastruktur terus dilakukan,”ungkapnya.

Diakui Bupati bahwa masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Jerry Manafe, banyak hal belum berhasil dibuat secara baik.

Akan tetapi ada juga torehan keberhasilan yang ditoreh, seperti Revolusi 5P pada bidang Pertanian mampu mengantar Kabupaten Kupang dengan meluncurkan 2 Produk beras premium yakni; beras “Opa Taklale“dan “Baras Laheroi“.

Baca Juga:  Peringati HUT Kota Kupang, Camat dan Lurah Dapat Kendaraan Dinas

“Sementara bidang Perkebunan ada Kopi Oelbiteno dan Kopi Leloboko yang cita rasanya menggoyang lidah para penikmat kopi.

Selain itu, Kabupaten Kupang mampu memproduksi pisang Cavendish yang manis dan lezat. Dan Saat ini menguasai market di Kota Kupang.

Tak kalah penting 2 produk jagung manis dan pulut sebagai kuliner khas Kabupaten Kupang yang tak kenal musim dan sebagai pemasok utama bagi masyarakat kota Kupang,”beber Bupati.

Perayaan HUT RI ke 78 tingkat Kabupaten Kupang ini juga dimeriahkan oleh paduan suara Korpri Kabupaten Kupang.

Usai upacara panitia juga menyiapkan perlombaan berupa panjat pinang dan tarik tambang yang berada di sisi barat depan kantor bupati Kupang.

Usai upacara, Bupati Kupang dan wakil bupati Kupang bersama seluruh jajaran Forum Komunikasi pimpinan daerah melakukan tos kenegaraan di dalam kantor bupati Kupang.

Upacara Penurunan Bendera

Upacara penurunan bendera HUT RI ke-78 berlangsung penuh hikmat. Tampil sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe.

Wakil Bupati, tampil dengan pakaian adat kebesaran Rote Ndao lengkap dengan Topi Tii Langga menambah aura wajah Jerry Manafe penuh sumringah.

Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara, Kasat Bimas Polres Kupang, AKP Viktor Seputra, S.Pi., M.Si.

Upacara Penurunan bendera dimulai tepat pukul 16.00 Wita yang dipandu oleh pembawa acara Marce Banoet.

Usai upacara dilanjutkan dengan ramah tamah bersama.***


Powered By NusaCloudHost