Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Waspada, Wilayah NTT Akan Terjadi hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga Akhir Pekan

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Waspada, Wilayah NTT Akan Terjadi hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga Akhir Pekan.
Foto. Waspada, Wilayah NTT Akan Terjadi hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga Akhir Pekan.

KupangBerita.com , — Waspada, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan untuk wilayah NTT akan terjadi hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi hingga akhir pekan depan.

Hal ini disebabkan karena terpantau sirkulasi siklonik di wilayah Nusa Tenggara Timur dan di pesisir Utara Papua Barat.

Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah perlambatan Kecepatan angin atau konvergensi di wilayah Nusa Tenggara Timur perairan sekitar Nusa Tenggara Timur, Samudra Hindia, Selatan Nusa Tenggara Timur dan laut Flores,
serta daerah pertemuan angin atau konfluensi di Samudra Hindia Barat Sumatera dan dari Samudra Pasifik Utara, Papua hingga Laut Arafuru.

“Khususnya yang berada di wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur agar tetap waspada, akan dampak dari sirkulasi siklonik yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur yaitu hujan lebat, angin kencang, dan juga gelombang tinggi.

Diprakirakan sistem ini akan semakin menguat hingga akhir pekan nanti,” Ungkap BMKG, Rabu (03/4) dalam program prakiraan cuaca Indonesia yang akan berlaku Kamis 4 April 2024 .

Menurut BMKG, prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah Timuran dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 40 km/jam.

Selanjutnya, untuk suhu udara umumnya berkisar antara 19 hingga 35 derajat Celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 55 hingga 100%.

Prakiraan tinggi gelombang laut di wilayah perairan Indonesia secara umum cukup kondusif yaitu berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter.

Waspadai potensi banjir rob yang diprakirakan terjadi di pesisir utara Jawa Tengah.

Selanjutnya untuk prakiraan cuaca di kota-kota besar di Indonesia kita awali dari pulau Sumatera, Kota Banda Aceh umumnya diprakirakan Berawan.

Potensi hujan ringan terdapat di kota Pekanbaru, Kota Tanjung Pinang berpotensi hujan sedang. Waspadai hujan dengan intensitas lebat di kota Medan dan hujan yang disertai kilat maupun petir di Kota Padang.


Powered By NusaCloudHost