Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Kupang Buka Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Bupati Kupang Buka Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan.
Foto. Bupati Kupang Buka Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan.

KupangBerita.com, — Bupati Kupang, Korinus Masneno, membuka secara resmi pelatihan peningkatan Kompetensi Guru dan tenaga pendidikan Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Senin (04/3) di Hotel Neo Aston Kupang.

Dalam sambutannya Bupati Kupang Korinus Masneno memberikan apresiasi atas semangat kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah, yang diinisiasi oleh BPMP NTT dan BGP NTT.

Dikatakan Bupati Kupang, semuanya ini dilakukan untuk mewujudkan perubahan yang positif dalam dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Kupang, umumnya di Propinsi NTT.

Perkembangan terkini dan hasil asesmen nasional tahun 2022 dan 2023, problem utama di Kabupaten Kupang itu kemampuan literasi, numerasi, dan karakter.

“Saat ini di Provinsi NTT, khususnya di Kabupaten Kupang belum memenuhi kompetensi minimum, tentu pemerintah Kabupaten Kupang menginginkan literasi, numerasi dan karakter anak-anak yang memenuhi standar kompetensi minimum, bahkan jika memungkinkan dapat melampaui standar kompetensi minimum yang telah ditetapkan,” kata Bupati Kupang.

Baca Juga:  Guru, Kepala Sekolah dan Semua Jenjang Harus Wajib Menanggapi Permendikbud Nomor 12 tahun 2024

Menurut Bupati Korinus, untuk menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan khususnya peningkatan kemampuan literasi, numerasi, dan karakter anak-anak di Provinsi NTT khususnya di Kabupaten Kupang, unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dalam hal ini BPMP NTT dan BGP NTT sangat serius memperhatikan berbagai persoalan pendidikan yang ada.

Oleh karenanya, saya mendukung penuh kerja sama sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah Kabupaten Kupang bersama organisasi Seameo diluar Indonesia juga dapat bekerja dan membantu Pemerintah Kabupaten Kupang.

“Saya meyakini, praktik baik yang dilakukan Seameo Seamolec, Seamoe Recfon, Seameo Ceccep, Seameo Qitep in Mathematics, Seameo Qitep in Science, Seameo Qitep in Language yang telah dilakukan dibeberapa daerah di Indonesia dan negara-negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN, akan mampu meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik di Kabupaten Kupang.

Oleh karenanya, jika diperlukan dukungan kebijakan, kami siap memfasilitasi sesuai dengan kondisi dan kemampuan kami”, kata Korinus.

Baca Juga:  Mese Ataupah Daftar di Partai Demokrat, Paket Korsa ke Gerindra

Orang nomor satu di Kabupaten Kupang ini berpesan kepada pengawas, para kepala sekolah dan para guru, khususnya dari Kabupaten Kupang, untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan dapat menerapkan di tempat tugas masing-masing.

“Kepala Dinas Pendidikan dan jajarannya, saya perintahkan untuk melakukan pendampingan, pemantauan dan evaluasi dampak peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan sekaligus sebagaimana dampaknya terhadap mutu hasil belajar peserta didik bersama dengan BPMP NTT, BGP NTT dan Tim Seameo.

Semoga apa yang menjadi tujuan besar kerja sama ini dapat meningkatkan kinerja pendidikan di kab. Kupang”, tutupnya.

Kepala Guru Penggerak, Prof. Z Baba Wisman dalam laporannya mengatakan, guru penggerak Propinsi NTT memiliki peran dan fungsi untuk melakukan pengembangan, pemberdayaan pendidik guru dan tenaga pendidikan dari calon guru, calon kepala sekolah, dan calon pengawas sehingga program-program prioritas mengarah kepada guru dan tenaga pendidikan.


Powered By NusaCloudHost