Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Luar Biasa, Penanganan Stunting di Kota Kupang Lampaui Target RPJMD

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Luar Biasa, Penanganan Stunting di Kota Kupang Lampaui Target RPJMD.
Foto. Luar Biasa, Penanganan Stunting di Kota Kupang Lampaui Target RPJMD.

Kota Kupang, KupangBerita.com, — Penanganan stunting di Kota Kupang saat ini sudah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kota Kupang Tahun 2023.

Berdasarkan data elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-ppgbm) periode Agustus 2023, stunting di Kota Kupang ada di angka 17,2 persen, sementara target penanganan stunting dalam RPJMD tahun 2023 adalah 18 persen.

Hal tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Kupang, Jeffry Edward Pelt, saat membuka kegiatan Diseminasi Hasil Audit Kasus Stunting Tingkat Kota Kupang, Senin (18/12) di Hotel Kristal Kupang

Baca Juga:  Panik dan Takut, Usai Melahirkan Pelajar SMA di Kota Kupang Masukan Bayinya di Koper

Dijelaskan Jeffry Pelt, bahwa sesuai hasil riset kesehatan dasar (riskesdas, 2018) prevalensi stunting di Indonesia di angka 30,08 persen dan prevalensi stunting di Provinsi Nusa Tenggara Timur di angka 20,9 persen.

“Meski angka stunting sudah melampaui target. Namun Pemerintah Kota Kupang tetap berharap agar semua sektor terkait tetap melaksanakan intervensi pencegahan stunting sesuai dengan bidangnya masing–masing,” jelasnya.

Menurutnya upaya pencegahan stunting memerlukan kerja sama dan kolaborasi lintas sektor yang melibatkan pemerintah, dunia usaha, LSM serta masyarakat .

Baca Juga:  Iklan: Jual Rumah 2 Lantai di Kota Kupang! Buruan, Siapa Cepat Dia Dapat!

Semua pihak yang terlibat dalam upaya penanganan stunting untuk tidak menggunakan pendekatan proyek. Tapi mengurusnya dengan hati karena ini sebagai panggilan pengabdian.

Mengatasi persoalan stunting pada anak-anak saat ini adalah investasi di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jeffry menambahkan diseminasi hasil audit kasus stunting tingkat Kota Kupang sangat penting untuk mendiskusikan banyak hal tentang solusi penanganan stunting secara lebih spesifik dan tidak parsial.


Powered By NusaCloudHost