Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Bupati Kupang, Ungkap Sejumlah Fakta Keberhasilan Daerah di Moment HUT RI ke -78

Avatar photo
Foto. Bupati Kupang, Ungkap Sejumlah Fakta Keberhasilan Daerah di Moment HUT RI ke -78.
Foto. Bupati Kupang, Ungkap Sejumlah Fakta Keberhasilan Daerah di Moment HUT RI ke -78.

Oelamasi, Kupangberita.com – Dalam momen peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78, Bupati Kupang, Korinus Masneno, mengungkapkan sejumlah fakta keberhasilan dimasa kepemimpinan bersama Wakil Bupati Jerry Manafe .

Uniknya upacara kali ini setiap peserta upacara dan tamu undangan yang hadir diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat etnis daerah khas NTT.

Tampak Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, hadir dengan pakaian  adat Kebesaran Amfoang, sementara Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Daniel Taimenas , mengenakan pakaian adat kebesaran Amarasi.

Upacara memperingati detik-detik proklamasi ini dimulai tepat pukul 08.00 Wita yang dipandu oleh pembawa acara Will Bureni.

Dalam upacara yang diadakan dengan penuh semangat di Lapangan Upacara Kantor Bupati Kupang, Bupati Masneno memaparkan prestasi yang telah dihasilkan selama masa pemerintahannya.

Dengan semangat, senyum sumringah dan wajah merah merona dengan pelafalan akurasi yang tepat, Bupati Maneno mengungkapkan setiap program keberhasilannya. Disambut riuh tepuk tanggan dari para peserta upacara.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Korinus Masneno dengan balutan busana adat  kebesaran Amarasi dalam amanatnya mengungkap sejumlah fakta keberhasilan.

“Melalui tema kemerdekaan tahun ini “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju “. Tema ini sebagai motivasi bagi seluruh anak bangsa, termasuk bagi Kabupaten Kupang.

Sesuatu yang telah maju harus terus diestafetkan demi sebuah penghindaran atas stagnasi atau ketidakjelasan baru.

Sesuatu yang sudah maju, untuk apa dibuat mundur. Sesuatu yang telah jelas maju, untuk apa diganti dengan yang serba tak tentu,”kata Masneno, Kamis (17/08).

Lebih dari itu, dirinya juga meminta masyarakat Kabupaten Kupang harus memiliki mental dan karakter pejuang.

“Daerah ini akan terus melaju untuk maju, seirama dengan tema HUT RI ke-78, Tahun 2023, “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Daerah ini tidak akan berhenti.Tetapi, terus mewujudkan tekad seluruh masyarakatnya untuk Mandiri dan sejahtera.

Kita semua yang ada di daerah ini adalah orang-orang hebat, orang-orang dengan karakter pejuang yang bermental petarung,” ujar Bupati Korinus.

Baca Juga:  Jadwal Kapal Ferry ASDP Kupang NTT, Senin 01 Juli 2024 KMP Inerie II Kupang-Aimere-Waingapu PP

Dikatakan Bupati Kupang, semua cerita sukses yang telah diraih bersama harus menjadi kisah sukses yang tak mudah sirna oleh waktu.

Keberhasilan yang telah raih merupakan sebuah nilai yang harus terus terjaga. Dan harus mampu menjadi suplemen bagi Kabupaten Kupang dalam menghadapi tantangan maupun permasalahan ke depan.

“Kita tidak boleh menyerah, tidak boleh juga menghindari semua tantangan yang ada. Mari rapatkan barisan Satukan tekad untuk bersama kita hadapi semuanya,”ungkapnya

Banyak hal yang dia sampaikan saat amanat itu mulai dari layanan pada bidang kesehatan terbukti pemerintah Kabupaten Kupang berhasil meraih piagam penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Deputi Direksi BPJS Wilayah Bali Nusra pada bulan Mei lalu.

“Dengan meraih penghargaan UHC ini masyarakat Kabupaten Kupang bisa mengakses layanan kesehatan gratis di berbagai fasilitas kesehatan.

Semangat kolaborasi melalui Gerakan Orang Tua Asuh lintas OPD berhasil menurunkan prevalensi stunting yang signifikan 16,18 persen. Dan ke depan di Amfoang akan rumah sakit pratama tipe C.

Keberhasilan di bidang pendidikan, bidang olahraga, bidang pembangunan ekonomi yang menjadi dasar sosiologis pembangunan,”bebernya.

Dilanjutkan Bupati, pada bidang layanan pemerintah salah satu fakta mengejutkan jagat raya adalah menciptakan hat-trik menjelang akhir masa jabatannya bersama Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas Laporan Keuangan  Pemerintah Daerah (LKPD) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Tahun 2022.

“Torehan prestasinya mengantarkan pemerintah Kabupaten Kupang keluar dari Opini disclaimer 10 tahun dan 3 tahun menyandang opini WDP,”ungkapnya.

Diakui Bupati bahwa masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Jerry Manafe, banyak hal belum berhasil dibuat secara baik.

Namun perlahan tetapi pasti, melalui program revolusi 5P yang digaungkan sejak tahun 2019, telah berdampak pada aspek ekonomi kerakyatan.

Baca Juga:  Video: Dramatis Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Nelayan di Pulau Padar, Labuan Bajo

“Kita berbangga karena bisa hasilkan beras premium Kabupaten Kupang yakni, Beras “Opa Taklale” dan “Beras Laharoi”.

Di bidang perkebunan, ada kopi Oelbiteno dan kopi Leloboko yang telah diakui sebagai kopi arabica terbaik di NTT.

Cita rasa kopi arabica ini menggoyang lidah para penikmat kopi dan cita rasanya tidak kalah dengan kopi bandung.

Selain itu, Kabupaten Kupang mampu memproduksi pisang Cavendish yang manis dan lezat. Dan Saat ini menguasai market di Kota Kupang.

Tak kalah penting 2 produk jagung mudah yakni, jagung manis dan jagung pulut sebagai kuliner khas Kabupaten Kupang yang tak kenal musim dan sebagai pemasok utama bagi masyarakat kota Kupang.

Keberadaan 2 produk jagung muda yang tak kenal musim ini ibarat Oase di padang gurun bagi penikmat kuliner khas Kabupaten Kupang ,”beber Bupati.

Di bidang pariwisata, ada destinasi bukit Fatu Braon yang menjadi Teras untuk memandangi keelokan pantai Teres .

Destinasi wisata Lelogama dan observatorium serta pantai Liman yang menjadi vibes negeri impian para wisatawan .

Tak hanya itu, banyak kesuksesan yang telah kita raih di bidang perumahan dan permukiman, termasuk didalamnya sanitasi juga air minum yang layak,”urai Masneno.

Diakhir amanatnya, Bupati meminta agar masyarakat dalam mengahadapi tahun politik yang ada didepan mata untuk lebih bijaksana dan dewasa dalam berpolitik.

“Menjelang tahun Politik diharapkan masyarakat Kabupaten Kupang lebih dewasa dan bijaksana dalam berpolitik,”katanya.

Perayaan HUT RI ke 78 tingkat Kabupaten Kupang ini juga dimeriahkan oleh paduan suara Korpri. Dan panitia juga menyiapkan perlombaan berupa panjat pinang dan tarik tambang yang berada di sisi barat depan kantor bupati Kupang.

Usai upacara, Bupati Kupang dan wakil bupati Kupang bersama seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melakukan tos kenegaraan di dalam kantor bupati Kupang.

Upacara Penurunan Bendera


Powered By NusaCloudHost