Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Atasi Stunting Pemkab Kupang Gandeng Stakeholders dan TNI/ Polri

Avatar photo
IMG 20220427 WA0021 e1651114264347

Donatus Marut berharap, kiranya pertemuan hari ini bisa bermanfaat dengan memfokuskan kerja sama dengan Pemerintah kabupaten kupang untuk program dan tindakan yang harus dilakukan demi mengurangi stunting.

Beliau menegaskan agar semua tingkatan baik dari Pemprov sampai ke desa perlu dibentuk tim percepatan penanganan stunting.

Donatus Marut mengakui bahwa intervensi awal pada stunting perlu melibatkan para stakeholder dan juga tokoh-tokoh agama.

Tidak hanya itu, dirinya berharap agar bukan hanya bekerja sama dengan TNI/Polri saja melainkan sampai ke Babinsa/Babhinkamtibmas diberi pemahaman tentang stunting agar membantu masyarakat untuk fokus menurunkan stunting di desa.

Pada kesempatan ini, Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto mengatakan terkait persoalan stunting di Kabupaten Kupang yang masih di angka 22% kiranya bisa terus menurun hingga dibawah 10% pada tahun 2024.

“Melalui lokakarya ini, kehadiran kita semua mampu memecahkan permasalahan stunting di kabupaten Kupang,”ujar Kapolres.

Baca Juga:  Kasus Tengkes di Kabupaten Kupang Terus Menurun

Dirinya berujar bahwa ini merupakan bentuk kecintaan dan perhatian Presiden kepada masyarakat NTT yang terbukti melalui hal ini.

Besar harapan Kapolres Kupang agar para stakeholder terkait bisa bekerja sama dalam menurunkan angka stunting di kab. Kupang.

“Sinergitas bukan hanya di mulut namun harus ada komunikasi dan kolaborasi.

Meskipun kurang memahami tentang kesehatan, namun dari strategi hingga pendataan akan kami bantu.

Baik itu jumlah remaja yang ada maupun yang pra-nikah, ibu hamil hingga anak stunting akan kami berikan datanya agar lebih memudahkan rekan yang lain untuk bekerja”, jelas Kapolres Kupang.

FX Irwan Arianto juga menegaskan bahwa TNI/Polri akan membantu memonitor serta mengikuti kegiatan para stakeholder untuk mewujudkan masyarakat kabupaten Kupang bebas stunting.

Dilanjutkan Dandim 1604/Kupang Letkol Inf. Muhammad Iqbal Lubis, “untuk masalah stunting kita tidak bisa bekerja sendiri karena ini merupakan persoalan kita bersama untuk mengatasi stunting di kabupaten Kupang,” tegasny

Baca Juga:  Siap siap ini Akun SIMPKB yang Akan Diundang PPG Dalam Jabatan 2024

Sama halnya dengan apa yang sudah disampaikan Kapolres Kupang, Iqbal Lubis menyatakan bahwa TNI/Polri akan terus membantu Pemkab Kupang dan para stakeholder demi penurunan stunting di Kabupaten Kupang.

Dirinya berharap agar dalam pelaksanaan penurunan stunting di desa, Babinsa terlebih dahulu dibekali dengan permasalahan stunting, baik tentang gizi maupun hal terkait lainnya melalui sosialisasi stunting serta himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pernikahan dini.

Tidak hanya itu, kiranya tim yang akan dibentuk ini bisa bekerja sama demi menurunkan stunting.

Lubis dalam penyampaian nya juga berharap agar Pemkab Kupang bersama TNI/Polri tetap bekerja sama dalam penanganan penurunan stunting di kabupaten Kupang.**


Powered By NusaCloudHost