Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Keren!! Pemkot Kupang Gelar Festival Online Perdana di NTT

Avatar photo
Foto. Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,MM,MH, buka kegiatan Festival Online Perdana di NTT.
Foto. Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,MM,MH, buka kegiatan Festival Online Perdana di NTT.

Kupangberita.com —- Pemerintah Kota Kupang menggelar festival online perdana di NTT bertajuk ‘Lanjutkan Perubahan’, Rabu (10/11)

Festival yang dilakukan berkat kerja sama antara Dinas Pariwisata Kota Kupang dengan NTTnesia Event Creator dan Komunitas Kupang Creative Forum ini melibatkan sejumlah pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kota Kupang.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan sejumlah tokoh nasional sebagai pembicara, antara lain; Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Siti Azizah, Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN), Fiki C. Satari serta Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Daniel Agus Prasetyo.

Turut hadir dalam pembukaan Festival Online yang berlangsung di Ruang Garuda Kantor Wali Kota Kupang tersebut, Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, Ketua Pengadilan Negeri Kota Kupang, Wari Juniati, SH,MH, serta perwakilan forkopimda lainnya, Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, SE,M.Si bersama para asisten Sekda, Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang beserta jajarannya.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,MM,MH, dalam sambutannya menyampaikan acara Kupang Online Festival ini didedikasikan untuk pemulihan sektor pariwisata dan industri kreatif serta UMKM Kota Kupang yang sempat kolaps sepanjang episode pandemi 2 tahun ini.

Baca Juga:  Tutup Pendaftaran, Demokrat Proses 3 Nama Cakada Kabupaten Kupang ke DPD dan DPP

“Acara ini menjadi semacam wake up call bagi kita semua, terutama pemerintah untuk segera berbenah dan membangkitkan kembali UMKM dan ekonomi kreatif, guna pemulihan kembali pariwisata dan perekonomian kita,” ungkapnya.

Ditambahkannya tagline atau spirit utama kita dalam festival ini adalah “AYO LANJUTKAN PERUBAHAN.”

Ini adalah milestone ke 4 dari kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Kupang, setelah milestones sebelumnya yakni ‘KAMI BERANI JUJUR UNTUK RAKYAT’, ‘AYO BERUBAH’ DAN ‘AYO TERUS BERUBAH’.

Menurutnya spirit baru ini mengandung amanat yang kuat bahwa perubahan adalah etos dan langgam kerja mereka, apa pun situasinya, baik pandemi covid maupun bencana seroja yang melanda tidak menyurutkan komitmen serta semangat juang, untuk terus bergerak maju takkan tergoyahkan mewujudkan kemajuan Kota Kupang bagi kesejahteraan masyarakat.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Angela Tanoesoedibjo mengaku senang bisa berpartisipasi dalam festival yang bertujuan menggerakkan kembali produktivitas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Kupang melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga:  Terbuka untuk Umum, PDIP Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup Kabupaten Kupang

Menurutnya perkembangan teknologi 4.0 sudah merebak jauh sebelum munculnya pandemi covid 19. Dengan pandemi digitalisasi makin terakselerasi.

Sepanjang tahun 2020 transaksi perdagangan digital sudah mencapai Rp 253 triliun dan diperkirakan akan meningkat menjadi Rp 330,7 triliun pada tahun 2021.

Ke depan berbagai permintaan konsumen baik domestik maupun global akan sangat dipengaruhi dengan teknologi.

Sehingga para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif harus beradaptasi dengan situasi ini, serta memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi dari produk atau servis sehingga menghasilkan yang terbaik bagi konsumen.

Wamen berharap dengan festival ini lahir para pelaku ekonomi kreatif yang mampu beradaptasi, inovatif dan berkolaborasi untuk mengembangkan usaha berkelanjutan yang kompetitif. “Jangan jadikan pandemi sebagai halangan untuk berkreasi,” imbaunya.

Sementara itu Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Siti Azizah, mengapresiasi penyelenggaran Kupang Festival Online.


Powered By NusaCloudHost