Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bahaya, 2 Asteroid Raksasa Mengarah ke Bumi Tiba Desember

Avatar photo
Foto. 2 asteroit raksasa sekaligus menuju bumi.
Foto. 2 asteroit raksasa sekaligus menuju bumi.

Kupangberita.com — NASA melacak Dua asteroid raksasa tengah mengarah ke Bumi yang akan tiba pertengahan Desember. Dikategorikan NASA sebagai ancaman lantaran masuk kategori Asteroid Berpotensi Berbahaya (PHA).

Melansir dari cnnindonesia Selasa (16/11/2021), kedua Asteroid tersebut adalah 2003 SD220 dan 4660 Nereus. NASA mengklasifikasikan asteroid ini berpotensi bahaya dilihat dari ukuran yang besar dan jarak lintasan yang dekat dengan Bumi.

2003 SD220 diprediksi akan mendekat pada pertengahan Desember, seperti yang dicatat oleh pelacak asteroid NASA.

Baca Juga:  Tindak Lanjut Temuan KPK, Mantan Penjabat dan ASN Aktif di Kabupaten Kupang Harus Kembalikan Kendaraan Dinas

Asteroid ini memiliki diameter sekitar 791 meter. Batuan langit itu hampir seukuran Burj Khalifa di Dubai, bangunan tertinggi di Bumi.

Namun, pengamatan yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Observatorium Arecibo di Puerto Rico menunjukkan bahwa benda langit itu bisa jauh lebih besar dari prediksi.

Mereka menyebut setidaknya asteroid 2003 SD220 yang berbentuk mirip ubi jalar ini memiliki panjang 2 kilometer.

NASA kemudian melakukan pemantauan dengan pengukuran yang berbeda. Pihaknya menyebut asteroid itu memiliki panjang sekitar 1,6 kilometer dengan bentuk mirip kuda nil.

Baca Juga:  Ikuti Arahan KPK, Mantan Wakil Bupati Kupang Serahkan 6 Unit Mobil Dinas

Namun, perkiraan NASA menyebut asteroid itu berdiameter 791 meter. Asteroid itu akan terbang melewati Bumi pada 17 Desember 2021, dengan jarak sekitar 5,4 juta kilometer dari Bumi dengan kecepatan 5,6 kilometer per detik.

Sebagai bandingan, jarak antara Bumi dan Bulan jauh lebih kecil dari itu-sekitar 385.000 kilometer. Sehingga, jarak asteroid yang melintasi Bumi ini sekitar 15 kali lebih jauh dari jarak Bumi-Bulan.


Powered By NusaCloudHost