Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wujudkan Kamseltibcarlantas, Polres Kupang Gelar Upacara Operasi Zebra Ranakah 2021

Avatar photo
Foto. Kapolres Kupang AKBP Aldinan R.J.H. Manurung, SH.,S.I.K.,M.Si. Pimpin Upacara Pasukan Operasi Zebra Ranakah 2021.
Foto. Kapolres Kupang AKBP Aldinan R.J.H. Manurung, SH.,S.I.K.,M.Si. Pimpin Upacara Pasukan Operasi Zebra Ranakah 2021.

Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

Data jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum polda ntt berdasarkan aplikasi irsms (integrated road safety management system) yang dikelola ditlantas polda ntt pada tahun 2020 sebanyak 1.125 kejadian, dengan korban meninggal dunia 393 orang, luka berat 412 orang, luka ringan 1.327 orang.

Dibandingkan pada tahun 2019 sebanyak 1.428 kejadian. Terjadi penurunan jumlah laka sebesar 303 kejadian atau turun  21 persen.

Jumlah pelanggaran lalu lintas pada tahun 2020 sejumlah 23.047 pelanggaran dibandingkan tahun 2019 sejumlah 37.302 pelanggaran terjadi penurunan sejumlah 14.255 pelanggaran atau menurun 61 persen.

Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas di tengah pandemi corona virus disease-19 (covid-19), Polri melaksanakan Operasi Kepolisian di tingkat Polda dan Polres dengan Sandi Operasi “Zebra Ranakah 2021” yang dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 15 November sampai dengan 28 November 2021, secara serentak di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Luar Biasa! Polres Kupang Berhasil Ciduk 1 DPO, Kasus Pembakaran Rumah di Amarasi Selatan

Operasi Zebra ini merupakan jenis Operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preventif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19.

Dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, maka diharapkan Operasi Zebra Tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 serta terwujudnya kamseltibcarlantas  yang  mantap.

Kapolres Kupang AKBP Aldinan R.J.H Manurung, juga menghimbau kepada seluruh jajarannya, agar selama pelaksanaan operasi dapat “melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran virus covid-19;

Baca Juga:  Menggelitik, Tanggapan Ketua FPRB Kabupaten Kupang Terhadap Laporan Pansus LKPJ Terkait Pengelolaan Bantuan Seroja

Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcarlantas dan bahaya covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial;

Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra polri,”ujar Aldinan Manurung.

Manurung berharap dalam melakukan Operasi Zebra ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.

Kita wujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan;

“Selalu memanjatkan doa agar Operasi Zebra Tahun 2021 yang dilaksanakan dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat,” harap Kapolres Kupang.

( Makson Saubaki)

 


Powered By NusaCloudHost