Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ngeri! Badai Matahari Ekstrem Bisa Picu Kiamat Internet

Avatar photo
Gambar Badai Matahari.
Gambar Badai Matahari.

Dalam makalahnya, Abdu Jyothi mengatakan koneksi internet lokal dan regional kemungkinan tidak akan terdampak karena kabel fiber optik tidak  terpengaruh oleh gelombang geomagnetik.

Ia menambahkan, kabel internet bawah laut yang menghubungkan negara bahkan benua.

Kabel-kabel ini dilengkapi dengan repeater untuk mendorong sinyal optik yang ditempatkan tiap 50-150 km.

Repeater ini  rawan terhadap paparan gelombang geomagnetik, dan kabel internet bawah laut bisa tidak berfungsi jika salah satu repeater ada mati.

Jika ada banyak kabel bawah laut yang tidak berfungsi di satu wilayah, kemungkinan koneksi di satu benua putus dengan benua lain.

Kawasan yang paling terdampak adalah Bumi belahan utara, termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

Wilayah ini paling rentang terhadap badai matahari ekstrem dan jika terjadi maka negara-negara itu yang akan kehilangan koneksi internet terlebih dulu.

“Dampak ekonomi dari gangguan internet dalam sehari AS diperkirakan rugi sekitar USD 7 miliar. Bagaimana jika jaringan  tidak berfungsi selama berhari-hari atau  berbulan-bulan,” kata Abdu Jyothi.

Jika badai matahari ekstrem selanjutnya menghampiri Bumi, Abdu Jyothi mengatakan kita memiliki waktu 13 jam untuk mempersiapkan diri.

Abdu Jyothi menyarankan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi fenomena ini dari sekarang.

Menempatkan kabel bawah laut di garis lintang yang lebih rendah, dan mengembangkan tes ketahanan fokus pada efek kegagalan jaringan skala besar. ( Dirilis dari indobu.net).

(Makson Saubaki)

 

 


Powered By NusaCloudHost