Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Keren, Kebun Sayur Hatinya TP. PKK Provinsi NTT Berdayakan Pengelola

Avatar photo
Ketua TP. PKK Provinsi NTT Julie Sutrisno Laiskodat panen bersama mahasiswa PKL di kebun Hatinya PKK.
Ketua TP. PKK Provinsi NTT Julie Sutrisno Laiskodat panen bersama mahasiswa PKL di kebun Hatinya PKK.

Kupangberita.com — Keren, Kebun sayur Hatinya Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Provinsi Nusa Tenggara Timur  yang terletak di jalan Polisi Militer sudah menghasilkan pundi-pundi Rupiah. Berbagai jenis sayuran di lahan berukuran kurang lebih 200 are   dipasarkan ke OPD – OPD pada lingkup pemerintah provinsi NTT.

IMG 20210813 124032 scaled e1628843362821
Ketua TP. PKK NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat.

Ketua TP. PKK NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat Jumat (13/08/2021) di Kupang mengatakan, dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan mandiri, TP. PKK mencoba memanfaatkan ruang pekarangan kosong dengan menanam berbagai macam jenis sayuran tanaman hortikultura dan tanaman obat – obatan herbal. Program ini kita namai ” Hatinya PKK”.

Teknis pengolahan kebun sayur milik TP. PKK. Dikelolah oleh dua orang tenaga lulusan dari Politani Kupang dan juga sebagai tenaga honorer pada lingkup pemerintahan Provinsi NTT.

“Awal pengolahan lahan ini TP. PKK memberikan modal sebagai rangsangan, dasar dari modal awal tersebut saat ini mereka sudah mandiri dan memasarkan hasil kebun mereka kepada masyarakat Kota Kupang. Saya minta kepada mereka untuk menjual dibawah harga pasaran,”ujar Julie Laiskodat.

Jelie Laiskodat menambahkan hasil dari penjualan sayur segar dikembalikan untuk belanja bibit dan sisa hasil penjualan mereka kelola sendiri, sehingga selain mereka menerima insentif sebagai tenaga honorer mereka juga mendapatkan penghasilan tambahan. Saya berkeinginan mereka akan menjadi UMKM sayur – sayuran.

Baca Juga:  Tindak Lanjut Rekomendasi KPK, Pemerintah Kota Kupang Lakukan Konsolidasi dengan Beberapa Entitas

“Puji Tuhan kemarin ada enam orang Mahasiswa dari fakultas Pertanian Undana yang melakukan kegiatan PKL pada kebun hatinya PKK, didampingi dua orang dosen yang meminta kerja sama,” jelas Julie. S Laiskodat.

Ketua TP. PKK NTT berharap dalam kerja sama tersebut setelah siswa mendapatkan teori di bangku studi, siswa tersebut miliki jiwa usaha.


Powered By NusaCloudHost