Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Luar Biasa… Gerak Cepat, Pemkab Kupang Salurkan Bantuan Seroja, Kini 3.988 KK Terima Bantuan

Avatar photo
Foto. Bupati Kupang Korinus Masneno dan Kepala BPBD Semy Tinenti.
Foto. Bupati Kupang Korinus Masneno dan Kepala BPBD Semy Tinenti.

Kupangberita.com — Pemerintah Kabupaten Kupang, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) terus bergerak cepat menyalurkan bantuan seroja bagi masyarakat yang terdampak, kini 3.988 Kepala Keluarga ( KK) telah menerima bantuan tersebut.

Pasca bencana badai siklon tropis seroja terjadi, Pemerintah Kabupaten Kupang mengusulkan lebih dari 11 ribu KK terdampak seroja, kepada pemerintah pusat.

Melalui usulan dan perjuangan tangan – tangan dingin inilah, pemerintah pusat tak tangung tangung meluncurkan dana sebesar Rp 229.090.000.000 bagi 11.036 Kepala Keluarga ( KK) yang terdampak Seroja di Kabupaten Kupang.

Menindaklanjuti bantuan dana tersebut, Bupati Kupang dengan tegas menginstruksikan jajarannya untuk mempercepat penyaluran kepada masyarakat sehingga dapat dipergunakan oleh masyarakat.

Tim BPBD Kabupaten Kupang dengan didukung penuh oleh Tim Teknis dari unsur Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta Tim Pendamping Masyarakat pada tingkat Kecamatan, Desa / Kelurahan, diminta untuk terus melakukan verifikasi dan validasi ulang terhadap data hasil Review Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Bandan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengetahui Data penerima bantuan dengan NIK ganda; Data penerima bantuan fiktif atau palsu; Data penerima bantuan yang telah menerima bantuan serupa dari pihak lain; Kesesuaian data penerima bantuan dari pemerintah Desa/Kelurahan dengan tingkat kerusakan rumah yang tidak akurat (Contoh : Harusnya masuk kategori Rusak Sedang atau Rusak Ringan tetapi ditetapkan Rusak Berat atau sebaliknya); Terdapat penyintas yang belum terdaftar dalam Data Penerima Bantuan yang telah di Verifikasi oleh APIP BNPB.

Baca Juga:  Kabar Baik, Pemkab Kupang Akan Bagikan SK Bagi 1.316 orang PPPK Lulusan 2023

Sebelum dana bantuan tersebut dicairkan. Kepada masyarakat, orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut menyatakan upaya dan kerja keras dilakukan demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya tegaskan, uang ini milik masyarakat yang terkena bencana. Saya tidak kompromi, 1 Rupiah pun yang diselewengkan akan saya sikat.

Masyarakat sedang susah mari kita berikan pelayanan terbaik.” tegas Bupati Masneno, Kamis ( 22/09/2022) di Oelamasi.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kupang, Semmy Tinenti mengatakan tim teknis terus bergerak menindaklanjuti arahan Bupati Kupang Korinus Masneno dengan melakukan Verifikasi validasi ulang.

Baca Juga:  Kabar Baik, Pemkab Kupang Akan Bagikan SK Bagi 1.316 orang PPPK Lulusan 2023

“Meski jumlah tenaga terbatas, namun hingga saat ini sudah 3.988 KK yang telah mencairkan uangnya.


Powered By NusaCloudHost