Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Gempa Bumi 7,5 Guncang Laut Flores, Peringatan Tsunami Dicabut

Avatar photo
Foto. Titik pusat Gempa.
Foto. Titik pusat Gempa.

Kupangberita.com — Gempa bumi 7,5 guncang Laut Flores berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Masyarakat dihimbau waspada potensi bencana tersebut.

BMKG merilis Selasa (14/12/2021), bahwa pusat gempa berada di laut pada kedalaman 12 km. Titik pusat gempa berada pada koordinat 7,59 LS dan 122,26 BT.

“112 km barat laut Larantuka, NTT,” tulis BMKG.

Peringatan Tsunami Dicabut

Peringatan tsunami usai gempa bumi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dicabut kembali olehBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Peringatan resmi dicabut pulul 13.24 WITA.

Baca Juga:  Gerbong Mutasi di Polda NTT Kembali Bergulir, 2 Kasat dan 2 Kapolsek di Polres Kupang Bergeser

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan peringatan tsunami dicabut dua jam pascaperingatan dini. Dia menyebut tak ada tsunami sejak pengumuman disampaikan pada 11.30 WITA.

“Kejadian tadi 11.30 WITA dan sekarang sudah 2 jam dari kejadian, pukul 13.24 WITA dan tidak terdeteksi adanya kenaikan muka air laut lagi, maka peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir,” kata Dwikorita dalam jumpa pers daring, Selasa (14/12).

BMKG meminta pemerintah daerah segera mengumumkan pencabutan peringatan tsunami. Pemerintah daerah juga diminta untuk mengimbau masyarakat kembali ke tempat masing-masing.


Powered By NusaCloudHost