Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kenali 9 tanaman Herbal yang Dapat Turunkan Gula Darah

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Kenali 9 tanaman Herbal yang Dapat Turunkan Gula Darah.
Foto. Kenali 9 tanaman Herbal yang Dapat Turunkan Gula Darah.

Info Kesehatan, KupangBerita.com, — Tingginya kadar gula darah bisa menjadi masalah serius bagi banyak orang. Salah satu cara untuk menjaga gula darah tetap stabil adalah dengan mengonsumsi tanaman herbal yang memiliki khasiat dalam menurunkan gula darah.

Berikut ini adalah sembilan tanaman herbal yang diketahui memiliki efek menurunkan gula darah:

1. Daun Insulin (Costus igneus)

Tanaman ini berasal dari India dan dikenal sebagai \”daun insulin\” karena diyakini memiliki efek serupa dengan insulin dalam menurunkan kadar gula darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun insulin dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah.

2. Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan penggunaan glukosa oleh tubuh.

3. Jambu Biji (Psidium guajava)

Buah jambu biji memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mengonsumsinya tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Baca Juga:  2 Orang Meninggal Akibat DBD, Bupati Kupang Keluarkan Instruksi Pencegahan Kejadian Luar Biasa

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji dapat membantu meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi resistensi insulin.

4. Bawang Putih (Allium sativum)

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang diyakini memiliki efek menurunkan gula darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mentah atau ekstrak bawang putih dapat membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan setelah makan.

5. Kayu Manis (Cinnamomum verum)

Kayu manis telah lama digunakan sebagai rempah-rempah dan juga memiliki efek menurunkan gula darah.

Senyawa dalam kayu manis dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah puasa.

6. Pare (Momordica charantia)

Pare atau bitter melon merupakan tanaman yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengontrol gula darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pare dapat membantu meningkatkan penggunaan glukosa oleh tubuh dan menurunkan kadar gula darah.

7. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk efek menurunkan gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, dan menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga:  Gelar Evaluasi Penanganan Tengkes, Bupati Kupang: Persoalan Kekerdilan Tanggungjawab Bersama Membangun Manusia

8. Teh Hijau (Camellia sinensis)

Teh hijau mengandung senyawa bernama epigallocatechin gallate (EGCG) yang diketahui memiliki efek menurunkan gula darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan setelah makan.

9. Daun Salam (Syzygium polyanthum)

Daun salam biasa digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga memiliki manfaat dalam menurunkan gula darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun salam dapat membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan toleransi glukosa.

Penting untuk diingat bahwa meskipun tanaman herbal ini dapat membantu menurunkan gula darah, tetapi tidak menggantikan pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter.

Jika Anda memiliki masalah gula darah tinggi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan tanaman herbal ini sebagai pengobatan tambahan.***


Powered By NusaCloudHost