Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

BPBD NTT Gelar Pelatihan Desa Tangguh Bencana di Desa Oebelo

Avatar photo
Foto. BPBD NTT Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Desa Tangguh Bencana di Desa Oebelo.
Foto. BPBD NTT Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Desa Tangguh Bencana di Desa Oebelo.

Kupangberita.com — Bentuk 10 desa tangguh bencana di Kabupaten Kupang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), lakukan pelatihan peningkatan kapasitas di Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Analis Perencana Evaluasi dan Pelaporan Hansen R. Maulana Sabtu ( 23/04/2022) di Desa Oebelo mengatakan pembentukan 10 desa tangguh bencana di kabupaten kupang ini merupakan program pemerintah.

Tujuan dari pembentukan desa tangguh bencana dan pelatihan ini, supaya bila terjadi bencana masyarakat dapat menyelamatkan diri sendiri, sebelum bantuan penyelamatan turun.

“Melalui pelatihan ini, masyarakat sudah sadar mengetahui tanda – tanda alam perubahan iklim dan cuaca, masyarakat sudah harus waspada,” ujar Maulana.

Baca Juga:  Daftar 23 Wilayah Mengalami Cuaca Buruk, Esok 8 Mei 2024, NTT Waspadai Angin Kencang

“Masyarakat desa itu sendiri yang lebih mengetahui kerawanan apa yang paling sering terjadi di wilayahnya.

Seperti di Desa Oebelo ini terindentifikasi rawan banjir, sehingga sebelum terjadi banjir hal apa yang harus dipersiapakan supaya mereka tidak terdampak,”ujarnya lagi.

Lanjut Maulana inti dari pelatihan peningkatan kapasitas desa tangguh bencana ini bagaimana masyarakat secara mandiri dapat menghadapi terjadinya bencana.

“Kita tahu bahwa bantuan dari pemerintah itu datang setelah bencana terjadi. Sementara pada saat terjadi bencana masyarakat itu sendiri yang menghadapi bencana tersebut.

Sehingga, kita harus membekali masyarakat dengan bantuan teknis, saat menghadapi bencana melalui peringatan dini, tanda perubahan iklim dan cuaca,” jelasnya.

Baca Juga:  Daftar 18 Kabupaten Kota di Indonesia yang Memakai Nama Arah Mata Angin Timur, 4 di NTT

Disebutkan Hansen, ke Sepuluh desa atau kelurahan itu diantaranya Desa Merbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kelurahan Tarus dan Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kelurahan Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Desa Nekbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Desa Oemasi, Kecamatan Nekamese, Desa Apren, Kecamatan Amarasi dan Desa Benu, Kecamatan Takari.

Dirinya berharap Kepala Desa dapat mengalokasikan anggaran melalui dana desa untuk membiayai penanggulangan mitigasi bencana di wilayahnya.


Powered By NusaCloudHost