Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Hadiri Panen Rumput Laut di Desa Tablolong, Simak ini Pinta Jerry Manafe

Avatar photo
IMG 20220401 WA0030 e1648787322768

Bila perlu bangunan-bangunan kios yang langsung berdekatan dengan bibir pantai, dipindahkan, agar pemandangan KBN menjadi lebih indah nan menarik.

Bagaimana wisatawan mau berkunjung kembali, jika keadaan sekitar pantai terlihat kotor dan berantakan.

Sebab selain keindahan yang didapatkan, berpengaruh juga dengan kualitas rumput laut yang bisa terkontaminasi dan jelas merugikan.

“Dari tempat ini diperoleh penghasilan, rawatlah dengan baik, “pesan Jerry kepada poktan rumput laut.

Wabup Jerry yang berlatar belakang murni pengusaha ini mengaku, jika poktan rumput laut fokus dengan mata pencahariannya, dijamin hasil yang diraup setiap kali panen, melebihi gaji dirinya sebagai Wabup Kupang.

Harga rumput laut mentah, perkilo seharga Rp.5.000 sedangkan rumput laut kering, perkilonya Rp.30.000.

Ia berbagi tips, agar hasil rumput laut, selain dijual mentah, bisa diolah menjadi bubuk juga, biar lebih meningkat nilai jualnya.

Dirinya yang memiliki relasi luas, jejaring dengan para pengusaha, akan mencoba dengan caranya sendiri, untuk bisa mengenalkan potensi rumput laut di desa ini, intinya ada perkembangan.

Selain itu, pesan Wabup Jerry agar Poktan rumput laut tidak hanya berharap akan bantuan pihak luar saja.

Berupaya kerja mandiri. Apa yang didapat, boleh dinikmati, dan jangan lupa sisihkan lagi untuk pembibitannya, yang dimulai dari pemilihan bibit rumput laut, pengikatan, penanaman/pelepasan rumput, dengan jangka waktu 45 hari dapat dipanen.

Dukungan dan pengawasan dari Lantamal VII Kupang, poktan harus bisa jalankan itu dengan tertib dan disiplin.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia atas program sosial melalui pemberian bantuan sarana dan prasarana budidaya rumput laut kepada kelompok tani rumput laut Desa Tablolong.

Turut dihadiri Deputi Kepala Perwakilan BI, Hery Catur Wibowo, Kapolsek Kupang Barat, Ipda Hendra Karel Wadu, S.Psi serta undangan lainnya.***


Powered By NusaCloudHost