Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kuat Dugaan Pilkades Noelbaki Curang, Salah Satu Kandidat Adukan Ke Pemkab

Avatar photo
Foto. Gambar Ilustrasi Pilkades.
Mencederai Asas Demokrasi

Kupangberita.com — Kuat dugaan proses Pemilihan Kepala Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, yang digelar Selasa (23/11) terjadi kecurangan.

Akibat kecurangan tersebut, menguntungkan salah satu Calon Kepala Desa, diduga dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Noelbaki bersama BPD Desa Noelbaki dan calon yang diuntungkan.

Tokoh Pemuda Desa Noelbaki, Roni Balukh, Kamis (25/11) di Noelbaki mengatakan, saat proses pemilihan, Panitia Pilkades dan BPD telah bermufakat untuk memenangkan salah satu calon dengan cara curang antara lain, mengijinkan orang yang nama tidak ada di Daftar Pemilihan Tetap (DPT) untuk mencoblos menggunakan KTP.

Baca Juga:  Kunker Ke Amfoang, Pj Bupati Kupang Minta Aparat Desa Bergandengan Tangan Mendukung Pembangunan di Desa

Bahkan semenjak minggu (21/11) panitia pilkades Noelbaki mengeluarkan surat himbauan dan dibacakan selepas kebaktian bahwa masyarakat yang nama tidak ada di DPT bisa memilih menggunakan KTP.

Selain memilih menggunakan KTP, ada beberapa praktek kecurangan lainnya yang dilakukan panitia pilkades Noelbaki. Dengan membiarkan salah satu calon berkeliaran didaerah TPS saat pencoblosan.

“Kita tidak bisa menerima apa yang dilakukan panitia pilkades, karena curang. Oleh karena itu sejak kemarin kami mengadukan hal ini secar tertulis ke bupati kupang dan dinas PMD,” ujar Roni.


Powered By NusaCloudHost