Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Besok, Ini Waktu, Lokasi dan Cara Liat

Avatar photo
Gambar Ilustrasi Gerhana Bulan Sebagian terjadi 19 November 2021, ini adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.
Gambar Ilustrasi Gerhana Bulan Sebagian terjadi 19 November 2021, ini adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Fase akhir penumbra saja dialami oleh:

Sumatra
Kep. Riau (kecuali Kab. Kep. Anambas dan Kab. Kep. Natuna)
Bangka Belitung (Kab. Bangka Barat)
Banten
DKI Jakarta
Jawa Barat (Kota Bekasi, Kab. Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Sukabumi, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat).

Cara Melihat Gerhana Bulan Sebagian

Untuk cara melihatnya mudah sekali menurut LAPAN. Tidak seperti gerhana matahari, gerhana bulan sebagian dapat dilihat langsung tanpa alat bantu. Untuk memotretnya pun bisa dengan gadget apapun.

“Gerhana Bulan sebagian dapat disaksikan dengan mata tanpa alat bantu optik apapun. Tapi kita bisa mengabadikan gerhana Bulan sebagian menggunakan kamera DSLR, kamera ponsel model pakar, maupun kamera CCD yang terhubung dengan teleskop gagdet,” kata peneliti Pusrissa OR-PA BRIN Andi Pangerang, dikutip dari website Edukasi Sains LAPAN.

Sementara itu, dikutip dari BBC, NASA menyebutkan bahwa November ini, 97% dari Bulan akan tertutup Bumi.

Di abad ini, antara 2001 hingga 2100, akan ada sebanyak 288 peristiwa gerhana bulan. Kebanyakan tahun akan memiliki dua peristiwa gerhana, sementara beberapa tahun mengalami tiga atau empat kali gerhana Bulan.

Pada Mei 2021, kita telah melihat peristiwa gerhana bulan total. Ini menjadikan gerhana Bulan pada 19 November nanti sebagai yang kedua pada tahun ini.

Gerhana Bulan sebagian mungkin tidak seheboh gerhana Bulan total, namun ini terjadi lebih sering.

“Artinya, lebih banyak kesempatan untuk menyaksikan perubahan-perubahan kecil di sistem tata surya kita, yang terkadang terjadi tepat di depan mata,” kata NASA.*

(Makson Saubaki)

 


Powered By NusaCloudHost