Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Kupang Dampingi Menteri Pertanian Panen Jagung TJPS

Avatar photo
Bupati Kupang Korinus Masneno dampingi Menteri Pertanian RI, Dr.H.Syahrul Yasin Limpo,SH, M.Si,MH panen jagung di desa Baumata.
Bupati Kupang Korinus Masneno dampingi Menteri Pertanian RI, Dr.H.Syahrul Yasin Limpo,SH, M.Si,MH panen jagung di desa Baumata.

Kalau mau kaya atau tidak miskin yaitu bertani,”kata Menteri”.

Sebagai motivasi kepada petani, Mentan berikan ilustrasi bahwa bila 1 hektar jagung menghasilkan 6 atau 7 ton, dengan harga 4 ribu/kilo maka menghasilkan 24 juta.

Dari 24 juta tersebut ada biaya bibit,pupuk,obat-obatan paling 8 jutaan. Dari 24 jt kurang 8 jutaan, lumayanlah masih dapatkan keuntungan 16 jutaan dalam 100 hari.

Karena itu, setelah panen segeranya menanam lagi. Harus 2 sampai 3 kali panen dalam 6 bulan kedepan, tinggal konsepnya diatur dengan libatkan semua yang berkompeten.

Sombong sekali petani yang tak mau tanam 3 kali,”tuturnya dengan mengutip kembali penyampaian Bupati Kupang bahwa yang penting ada niat”.

Baca Juga:  Sidak Kehadiran, Pj. Bupati Kupang Temukan ASN dan Tenaga Kontrak Tak Disiplin Berkantor

Lanjutnya, jika Bupati temui masalah, laporkan saja kepada dirinya.

Mentan RI ini juga menyinggung soal potensi lainnya seperti usaha ternak ayam dan bebek yang perlu dikembangkan untuk dapat diekspor.

Selain itu disekitar lahan panen jagung seluas 88 hektar tersebut, Mentan inginkan ada tanaman kelapa, dirinya meminta kepada Dirjen yang berwewenang untuk bantu 2000 anakan kelapa serta pelatihan-pelatihan untuk para kelompok tani.

10 November 2021 waktu yang diminta Menteri kepada jajarannya di pusat agar bisa direalisasikan.

Baca Juga:  Peringati Internasional Nurse Day, PPNI Kabupaten Kupang Gelar Kegiatan Donor Darah

Menutup arahannya, beliau percayai bahwa atas restu sang Pencipta, hujan pun turun. Hujan yang datang hari ini, menandakan kupang memang hebat.

Acara ini ditandai dengan penyerahan bantuan sarana pasca panen tanaman pangan yang diterima Kadis Pertanian Prov.NTT, benih padi serta penyerahan bantuan kepada unit pengelola jasa alsistan (UPJA) dari Mentan RI, didampingi Bupati Kupang serta Para Pejabat Eselon I dan II Kementerian Pertanian RI. ( Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Kupang).

(Makson Saubaki)


Powered By NusaCloudHost