Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Kepala BNPB Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Antisipasi Rabies di Kabupaten TTS

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Kepala BNPB Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Antisipasi Rabies di Kabupaten TTS.
Foto. Kepala BNPB Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Antisipasi Rabies di Kabupaten TTS.

Soe, KupangBerita.com, – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. bersama Satuan Tugas Penanganan Rabies melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka mengantisipasi wabah rabies di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (31/1).

Suharyanto menjelaskan bahwa BNPB telah diberikan mandat untuk mendukung penanganan wabah rabies di wilayah Provinsi NTT.

Adapun fokus penanganan yang dilakukan adalah pemberian vaksinasi kepada penyebab wabah itu sendiri yang berasal dari hewan peliharaan atau yang akrab disebut anak berbulu (anabul), khususnya anjing.

Baca Juga:  Pasca Penghadangan di Desa Sillu, 300 Masyarakat Nyatakan Permohonan Maaf Ke Bupati Kupang

“Melalui pengalaman penanganan pandemi COVID-19 serta Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), kami berharap wabah rabies dapat teratasi dengan baik dengan dukungan pemerintah pusat melalui BNPB,” ujar Suharyanto.

“Saat ini fokus vaksinasi ke hewan peliharaan (anjing), sehingga jika ada yang tergigit tidak akan menimbulkan rabies, kami minta masyarakat dapat secara aktif memberikan vaksin kepada hewan peliharaan serta lebih waspada terhadap potensi gigitan,” tambahnya.

Dijelaskan Suharyanto, bahwa proses pemberian vaksin akan dilakukan selama tiga bulan ke depan.

Baca Juga:  Terpantau Bibit Siklon Tropis 96S di Laut Sawu, BMKG Minta Pemudik Waspada

“Kami berharap bisa segera teratasi dalam tiga bulan ini, jika belum kami akan perpanjang tiga bulan kembali,” kata Suharyanto.


Powered By NusaCloudHost