Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Buka Rakor TPPS, Wakil Bupati Kupang Paparkan 5 Point, Percepatan Penurunan Stunting

Avatar photo
Foto. Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, Pimpin Rakor TPPS dan Sosialisasi Perbub Penanganan Stunting.
Foto. Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, Pimpin Rakor TPPS dan Sosialisasi Perbub Penanganan Stunting.

“Ke lima pilar tersebut meliputi; Komitmen dan visi kepemimpinan, kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku, Konvergensi, koordinasi, dan konsolidasi program pusat, daerah, dan desa serta gizi dan ketahanan pangan, dan Penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi,”jelas Jerry Manafe dalam pemaparannya.

Ketua TPPS Kabupaten Kupang ini mengatakan bahwa pada pilar ketiga, pelaksanaan konvergensi program dan kegiatan di tingkat daerah dilakukan melalui 8 (delapan) aksi konvergensi yang dikoordinir oleh Penanggung Jawab yang ditunjuk Bupati/Walikota yang mencakup; analisa situasi, menyusun rencana kegiatan, rembuk stunting, regulasi daerah/desa, pembinaan kader pembangunan manusia, manajemen data, pengukuran dan publikasi dan review tahunan.

Implementasi aksi konvergensi ini merupakan pendekatan konsekutif dimana antara satu aksi dan aksi lainnya saling berhubungan.

“Melalui aksi konvergensi, diharapkan pemerintah daerah dapat memprioritaskan alokasi sumber dayanya secara efektif dan efisien,”katanya.

Dalam pemaparannya, Jerry Manafe menjelaskan bahwa upaya penurunan stunting dilakukan melalui dua intervensi yaitu intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung.

Dengan adanya Perpres stunting ini, seluruh komponen masyarakat diharapkan berjalan beriringan dengan pemerintah untuk meningkatkan daya ungkit percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Indonesia.

Wakil Bupati berharap, melalui rakor TPPS tingkat Kabupaten Kupang dan sosialisasi Peraturan Bupati terkait Penanganan Stunting ini, maka segala upaya perencanaan, pemantauan dan evaluasi sekaligus penguatan koordinasi lintas sektor diharapkan bersatu padu dalam upaya percepatan penurunan stunting di Provinsi NTT khususnya di Kabupaten Kupang.

Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Widya Mandira Kupang Tersesat di Gunung Fatuleu Akhirnya Ditemukan

“Marilah kita bekerja sama secara sinergis dan bahu membahu, memastikan agar target penurunan Stunting di Kabupaten Kupang dan secara umum di Provinsi NTT dapat tercapai.

Saya yakin, di bulan Februari tahun 2024 pada bulan ukur timbang, stunting bisa mencapai 9% dan semakin menurun,”kata Jerry Manafe.***

 


Powered By NusaCloudHost