Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Inspiratif Lurah Nunbaun Sabu Hadirkan UMKM Wisata Pantai

Avatar photo
Foto. Inspiratif Lurah Nunbaun Sabu, Rongsly Aldi Foeh hadirkan UMKM Wisata Pantai.
Foto. Inspiratif Lurah Nunbaun Sabu, Rongsly Aldi Foeh hadirkan UMKM Wisata Pantai.

Kupangberita.com, —   Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Karena dihadirkan UMKM Wisata Pantai di Kelurahan Nunbaun Sabu, masyarakat mampu memperoleh peluang usaha di berbagai bidang dan sektor. Pada salah satu sektor yang selalu ada dan senantiasa beriringan dengan UMKM yakni sektor pariwisata.

Dimana ada destinasi wisata di situ pasti ada pelaku UMKM yang ikut meramaikan lokasi ini. Karena sebuah destinasi wisata apabila tidak ada pelaku UMKM yang membuka usaha serta menggelar dagangan di area tersebut, bisa dipastikan destinasi wisata tersebut, walaupun bagus dan terkenal, lambat laun pasti ditinggalkan oleh wisatawan.

Di wilayah Kelurahan NBS ini ada potensi alam yang luar biasa yakni wisata pantai yang sangat menakjubkan. Dengan potensi inilah diawal perencanaannya kita melibatkan berbagai pihak diantaranya perguruan tinggi, pelaku usaha dan pihak lainya yang berorientasi dalam pengembangan UMKM yang akan mengantarkan ekonomi rakyat.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia, Posisi Business Process, Smelting & Refinery - HSE Instructor

Hal tersebut diungkapkan Lurah Nunbaun Sabu, Rongsly Aldi Foeh, SE kepada media Kupang Berita.com, Sabtu (17/06) malam.

“Jika dilihat dari hulu yakni melalui pemerintah pusat meminta agar UMKM ini selalu di gerakan. Hal ini sejalan dengan lahirnya
Undang-Undang Cipta kerja nomor 11 tahun 2020, memberikan percepatan perizinan berusaha. Sehingga UMKM di daerah itu bisa maju.

Dilihat dari perkembangannya, kegiatan UMKM dapat menyumbangkan produk domestik bruto secara nasional lebih  61 persen. Ini terbukti pada situasi krisis ekonomi UMKM  turut menyumbangkan 75 persen dan pasca berakhirnya covid-19, UMKM mulai merangkak namun kita diperhadapkan dengan inflasi.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia, Posisi Business Process, Smelting & Refinery - HSE Instructor

Oleh karena itu, geliat UMKM ini sebagai pilar utama dalam menggerakkan ekonomi. Inilah yang mendasari saya bersama teman-teman mengembangkan UMKM wisata pantai.

Ke depan kita akan mendorong pelaku-pelaku UMKM ini agar bisa berdaya saing demi memajukan ekonomi kerakyatan,” ungkap Rongsly.

Dikatakan Rongsly, lapak usaha UMKM ini berada disepanjang joging track pantai NBS yang langsung mengarah pada view laut NBS tanpa menutupi atau merubah fungsi aktivitas ruang terbuka publik.

“Lapak – lapak UMKM menyuguhkan berbagai varian kuliner hasil olahan masyarakat dengan harga merakyat juga disediakan konsep menu sea food.

Selain menikmati Kuliner dan sunset menuju peraduannya, anda bisa mengelilingi pesisir pantai menggunakan perahu nelayan dengan harga yang sangat terjangkau.***


Powered By NusaCloudHost