Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Penjabat Wali Kota Teken Kerja Sama Layanan Kesehatan dengan 5 Kabupaten

Avatar photo
Foto. Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH Teken Kerja Sama Layanan Kesehatan dengan 5 Kabupaten.
Foto. Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH Teken Kerja Sama Layanan Kesehatan dengan 5 Kabupaten.

Kupangberita.com, — Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH hadir dalam acara Penandatanganan Kerja Sama (PKS) antar wilayah untuk mendukung pelayanan kesehatan bersama para Kepala Daerah dari 5 Kabupaten di NTT, antara lain Kabupaten Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Alor, bertempat di Hotel Kristal Kupang, Jumat (3/2).

Kegiatan ini difasilitasi melalui program USAID Momentum yang berkomitmen mendukung kesehatan ibu dan bayi baru lahir serta menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) di Provinsi NTT.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan PKS rujukan antar fasilitas layanan kesehatan yang di tandatangani oleh para Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dari sejumlah kabupaten/kota tersebut di atas.

Salah satu strategi menurunkan AKI dan AKB di Provinsi NTT adalah dengan membangun dan memperkuat jejaring sistem rujukan untuk pelayanan yang tepat waktu, memperkuat tata kelola sistem rujukan dan meningkatkan keterlibatan aktif masyarakat dalam perawatan ibu dan bayi yang baru lahir.

Kemampuan atau kompetensi tenaga kesehatan, sarana pendukung, manajemen dan standar atau pedoman dalam memberikan layanan dan terlaksananya rujukan balik adalah syarat yang perlu dipastikan tersedia dan berjalan maksimal di fasilitas kesehatan dalam pelayanan rujukan yang efektif dan efisien.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia, Posisi Business Process, Smelting & Refinery - HSE Instructor

Penjabat Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada USAID Momentum yang telah berkolaborasi dan memfasilitasi sehingga terjadinya kerja sama yang sangat penting ini.

Dalam upaya mengatasi keterlambatan rujukan maka perlu ditingkatkan jaringan penyedia layanan kesehatan untuk menangani persalinan dan perawatan ibu dan bayi baru lahir sehingga mampu menekan AKB dan AKI.


Powered By NusaCloudHost