Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Sambut Hari Polio Sedunia,  Rotary Club of Kupang Gelar Fun Walk

Avatar photo
Foto. Menyambut hari polio sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Oktober mendatang Rotary Club of Kupang mengelar jalan santai ( Fun Walk), dengan mengusung tema "End Polio Now".
Foto. Menyambut hari polio sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Oktober mendatang Rotary Club of Kupang mengelar jalan santai ( Fun Walk), dengan mengusung tema "End Polio Now".

Kupangberita.com — Menyambut hari polio sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Oktober mendatang Rotary Club of Kupang mengelar jalan santai ( Fun Walk), dengan mengusung tema “End Polio Now”. Kegiatan jalan santai tersebut mengambil titik star dari Taman Nostalgia hingga bundara PU dan Kembali ke lokasi titik star awal.

“Dalam rangka memperingati hari polio sedunia yang pada tanggal 24 Oktober mendatang seluruh Rotary Grup mengelar jalan santai.

Misi dari kegiatan “End Polio Now” ini adalah untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa polio masih ada dan belum ada obat untuk menyembuhkan, dan hanya bisa dicegah dengan vaksin polio,” Ungkap Kordinator Fun Walk End Polio Now Ratna Pongkapadang.

“Kita berharap polio akan hilang secara total di dunia ini. Penyakit polio hanya dapat dicegah dengan imunisasi.

Oleh kerena itu, Pemberian imunisasi juga harus lengkap sebanyak 4 kali kepada anak yang dimulai usia 1 bulan polio 1, 2 bulan polio 2, 3 bulan polio 3 dan usia 4 bulan Polio 4,”lanjut Ratna.

Baca Juga:  2 Orang Meninggal Akibat DBD, Bupati Kupang Keluarkan Instruksi Pencegahan Kejadian Luar Biasa

Ratna menjelaskan di tahun 1985, Rotary memulai program PolioPlus, mengambil peran aktif dalam mendukung usaha pemberantasan polio di dunia melalui pemberian vaksin massal.

“Sampai dengan hari ini Rotary telah berkontribusi lebih dari 60 Trilyun Rupiah dan telah memberikan vaksin polio kepada 3 Milyar anak-anak di 112 negara, serta melibatkan banyak relawan Rotary yang juga telah memberikan  waktu yang tidak terhitung untuk mendukung program eliminasi Polio di dunia,”ungkapnya.

Sesuai pantauan media Kupang Berita.com, dalam kegiatan
Fun Walk (Jalan Santai), tim Rotary Grup  sambil menyampaikan pesan-pesan tentang polio kepada warga  yang melintasi jalan Frans Seda, Kota Kupang.

Usai jalan santai yang diikuti kurang lebih 120 peserta rangkaian kegiatan dilanjutkan  dengan Fun Games/ Quiz yang dan beberapa kegiatan lainnya yang terkait dengan Polio.

Perlu di ketahui, Rotary Kupang Central adalah bagian dari Rotary International, sebuah organisasi layanan sosial kemanusiaan  yang didirikan pada tahun 1905 di Chicago.

Secara administratif, Rotary Kupang Central yang dibentuk sejak 2018 berada dibawah koordinasi District 3420.

Baca Juga:  Guru, Kepala Sekolah dan Semua Jenjang Harus Wajib Menanggapi Permendikbud Nomor 12 tahun 2024

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 46.000 Rotary Club yang berada lebih dari 200 negara dengan jumlah 1,4 juta anggota.

Moto Rotary adalah “service above self,” mementingkan kegiatan saling membantu di atas kepentingan diri sendiri.

Anggota Rotary Club disebut “Rotarian”, terdiri dari para pemimpin, pebisnis dan profesional yang melayani masyarakat dimana klub yang bersangkutan berada.

Sementara, Rotary International memiliki 7 bidang pelayanan di bidang kemanusiaan yakni, Ikut serta menjaga perdamaian dunia,
Pencegahan penyakit dan pengobatan, Air bersih dan Sanitasi, Kesehatan Ibu dan Anak,
Pendidikan Dasar dan Literasi,
Pengembangan Ekonomi dan Masyarakat serta Lingkungan Hidup

Rotary Club of Kupang Central sendiri telah memulai pelayanan sosial kemanusiaan di NTT sejak tahun 2018.

Cukup banyak program bantuan dan kegiatan yang dilakukan Rotary Club di NTT, seperti bantuan Rumah Hunian Sementara (Huntara), perbaikan sekolah dan rumah rusak, program kesehatan (Pencegahan dan Pengobatan).***


Powered By NusaCloudHost