Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Kupang Pimpin Sosialisasi Juknis dan Verifikasi Data Korban Seroja

Avatar photo
IMG 20220407 WA0004 e1649295779843

Dilanjutkan Kepala Pelaksana BPBD kab. Kupang, Semmy Tinenti, petunjuk teknis ini mengacu pada SK Bupati Kupang nomor : 492/KEP/HK/2022. Bantuan stimulan rumah bersumber dari bantuan BNPB dan bantuan siklon Seroja yang diperuntukan bagi masyarakat terdampak Seroja.

Dana tersebut sudah dipindah bukukan di rekening BPBD pada 11 Maret 2022 secara Virtual Account dan masih terblokir.

Sebagaimana yang disampaikan Bupati Kupang tentang besaran perbaikan rumah bagi kriteria rumah rusak berat sedangkan bagi kriteria rumah rusak ringan dan rusak sedang akan diberi kompensasi biaya yang sudah dikeluarkan untuk memperbaiki rumah sebelum adanya bantuan dan dana yang belum digunakan akan digunakan juga untuk pembelian bahan bangunan.

Baca Juga:  Sidak Kehadiran, Pj. Bupati Kupang Temukan ASN dan Tenaga Kontrak Tak Disiplin Berkantor

Dandim 1604/Kpg Letkol Inf. Muhammad Iqbal Lubis dalam kesempatannya mengatakan bahwa kegiatan ini akan sukses jika semua bekerja sama dan saling mengingatkan dalam kekurangan di lapangan baik tim teknis maupun kepala BPBD.

Seperti yang sudah disampaikan Bupati Kupang, data yang di verifikasi harus valid dan jangan terlewatkan agar tidak menimbulkan dinamika dilapangan.

Sementara Kapolres Kupang FX Irwan Arianto mengatakan harus hati-hati dalam pelaksanaan teknis. Masyarakat yang rumahnya rusak berat menerima bantuan berupa rumah bukan menerima uang.

Baca Juga:  Sidak Kehadiran, Pj. Bupati Kupang Temukan ASN dan Tenaga Kontrak Tak Disiplin Berkantor

Kiranya tim teknis selalu berkoordinasi dengan segala unsur terkait di lapangan serta melakukan sosialisasi dengan benar.

“Kami dari TNI/Polri siap melakukan pendampingan dari sosialisasi hingga pelaksanaan penyerahan bantuan tersebut mulai dari desa sampai ke dusun. Agar tidak terjadi penyelewengan pada bantuan ini,” ujar Kapolres.

Kajari Oelamasi Ridwan Ansar juga menegaskan agar terkait pembangunan bantuan rumah di kab. Kupang, data yang diverifikasi harus benar-benar sesuai dan tepat sasaran.

Karena ini berkaitan dengan kepentingan orang banyak sehingga menghindari adanya laporan ketidakpuasan dalam penanganan penyerahan bantuan seroja tersebut.***


Powered By NusaCloudHost