Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wali Kota Launching 2 Program Kerja TPAKD Kota Kupang

Avatar photo
Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH Launching 2 Program Kerja TPAKD Kota Kupang.
Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH Launching 2 Program Kerja TPAKD Kota Kupang.

Robert menambahkan TPAKD Kota Kupang dibentuk dengan tujuan antara lain agar mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat di Kota Kupang.

Guna mendukung perekonomian daerah, mencari terobosan membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di Kota Kupang, serta mendorong Lembaga Jasa Keuangan di Kota Kupang untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah.

Dilaporkannya sampai dengan Agustus 2021 Kredit perbankan di Kota Kupang terus menunjukkan pertumbuhan secara positif.

Posisi Agustus 2021 kredit mengalami pertumbuhan secara year of year (YoY) sebesar Rp14,029 miliar atau sebesar4,55% sedangkan secara year to date (YtD) sebesar 2,02%.

Perkembangan kredit di Kota Kupang juga menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan nasional yang masih mencatatkan pertumbuhan secara YoY maupun YtD masing-masing sebesar 1,22% dan 1,93%.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Nestle Indonesia Buruan Lamar Sebelum 15 Mei

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja dalam pleno tersebut meminta TPAKD agar memperhatikan kendala dalam pengajuan kredit bagi UMKM, terutama KUR.

Menurutnya dari sisi debitur pengajuan KUR terkendala persyaratan administratif, usaha belum layak serta tidak memiliki agunan.

Ia menyarankan agar syarat administratif pengajuan KUR dipermudah. Saran lainnya adalah memberikan pelatihan untuk mengembangkan usaha, menurunkan suku bunga serta meningkatkan plafon KUR.

Sedangkan dari sisi perbankan, penyaluran KUR di NTT umumnya terkendala riwayat kredit macet calon debitur, debitur memiliki pinjaman di lembaga keuangan lain serta usaha belum layak dibiayai.

Baca Juga:  Peringati Internasional Nurse Day, PPNI Kabupaten Kupang Gelar Kegiatan Donor Darah

Menurut Robert ke depan perlu adanya edukasi literasi keuangan dan pendampingan usaha bagi pelaku UMKM.

Rapat pleno penetapan program kerja TPAKD tersebut dipandu oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius Lega, SH.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Cabang Utama Bank NTT, Boy Nunuhitu serta segenap pimpinan perangkat daerah lingkup Kota Kupang terkait.

Launching ditandai dengan penyerahan secara simbolis bantuan kredit merdeka Bank NTT kepada tiga pelaku UMKM Kota Kupang oleh Wali Kota Kupang bersama Kepala OJK Perwakilan NTT dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT. (PKP_ans)

(Makson Saubaki)


Powered By NusaCloudHost