Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gunung Marapi Erupsi, Sejumlah Penerbangan di Badara Minangkabau di Batalkan

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Gunung Marapi Erupsi, Sejumlah Penerbangan di Badara Minangkabau di Batalkan.
Foto. Gunung Marapi Erupsi, Sejumlah Penerbangan di Badara Minangkabau di Batalkan.

Jakarta, KupangBerita.com ,- Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali erupsi. Dampak tersebut mengakibatkan sejumlah penerbangan di Bandara Minangkabau di batalkan sementara.

Aktivitas gunung Marapi terjadi letusan sebanyak 5 dan 13 hembusan pada Rabu, (27/3/2024), erupsi pertama tercatat pada pukul 00.13 WIB dini hari dengan tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Aktivitas gunung Marapi pada Kamis (28/3) tercatat terjadi 1 letusan dengan 51 hembusan. Letusan tersebut disertai dengan suara gemuruh dan hujan abu tipis di beberapa wilayah di sekitar gunung, seperti Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Bukittinggi.

Baca Juga:  Pembahasan RPP Manajemen ASN Perlu Kecermatan, Menpan RB: Pengambilan Keputusan Harus Detail dan Kuat

Berdasarkan informasi dari laporan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Marapi dengan Level III (Siaga).

Terjadinya erupsi dan arah angin letusan menyebabkan sejumlah penerbangan dibatalkan, pihak bandara Minangkabau mengeluarkan pemberitahuan untuk operasional Bandara Minangkabau di tutup sementara dari pukul 10.21 WIB.

Erupsi Gunung Marapi pada Rabu (27/3/2024) tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material yang signifikan. Namun, masyarakat di sekitar gunung diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari PVMBG.


Powered By NusaCloudHost