Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Hadiri Forum Sercom 3 WMO, Kepala BMKG Serukan Pentingnya Peringatan Dini untuk Semua

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Hadiri Forum Sercom 3 WMO, Kepala BMKG Serukan Pentingnya Peringatan Dini untuk Semua.
Foto. Hadiri Forum Sercom 3 WMO, Kepala BMKG Serukan Pentingnya Peringatan Dini untuk Semua.

Bali, KupangBerita.com, – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menyerukan pentingnya “peringatan dini untuk semua” untuk melindungi masyarakat terhadap meningkatnya frekuensi kejadian cuaca ekstrem.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mengurangi kerentanan terhadap bencana alam.

Seruan tersebut disampaikan Dwikorita, di hadapan 139 delegasi dari 94 negara dalam acara Third Session of the Commission for Weather, Climate, Hydrological, Marine, and Related Enviromental Service and Applications (SERCOM 3).

Baca Juga:  Harmoni dengan Alam, Paradigma Krisnawati untuk Pariwisata Berkelanjutan

Indonesia sendiri menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dalam pelaksanaan Sercom 3. Sidang ketiga yang menyoroti tentang cuaca, iklim, air hingga berbagai aspek lingkungan tersebut berlangsung di kawasan Nusa Nua, Bali, 4 – 9 Maret 2024.

“Harus diakui bahwa early warning system atau peringatan dini saat ini masih banyak ketimpangan bahkan injustice atau ketidakadilan, di mana tidak semua mendapatkan akses yang equal terhadap early warning for all tersebut,” ungkap Dwikorita yang juga Perwakilan Tetap Indonesia untuk Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan Anggota Badan Eksekutif Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) di Bali, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga:  Lulusan SMA/SMK Merapat, Kemenkumham Buka Pendaftaran CPNS 2024, Berikut Formasinya

kesetaraan dan keadilan dalam aksi iklim bersama,” katanya.


Powered By NusaCloudHost